Pengaruh Game Online Terhadap Siswa SDN 1 Bojongsari Dalam Menjalankan Ibadah Salat Wajib

Authors

  • Wawan Herdiawan Sekolah Dasar Negeri 1 Bojongsari

Keywords:

Game Online, Ibadah, Salat Wajib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Bojongsari, khususnya pada siswa angkatan 2019 dan 2020 dalam bermain game online, dan pengaruhnya terhadap ketaatan beribadah mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sample sebanyak 32 siwa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan di analisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa intens bermain game online, namun demikian intensitas mereka bermain game online tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketaatan beribadah mereka. Hasil analisis dengan product moment menunjukkan 0,206 < 0,279 di mana rhitung lebih rendah dari rtabel.

References

Adams, Ernest. 2010. Fundamentals of Game Design. California: New Riders.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darwis, M., Amri, K., & Reymond, H. 2020. Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(2), 228–233. Efektivitas, R. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Ibadah Dalam Upaya Mencapai Kesehatan Mental. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 105– 115.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Kustiawan, Andri Arif, Andy Widhiya Bayu Utomo. (2019). Jangan Suka Game online : Pengaruh Game online Dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE Media Grafika Mahfud, D., Mahmudah, & Wihartati, W. (2015). Kesehatan Mental Mahasiswa Uin Walisongo. 35(1), 35–51.

Nisrinafatin. 2020. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 115–122.

Novrialdy, E. 2019. Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsik ologi.47402 Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsik ologi.47402 Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. 2020. Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fispol Unsrat. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.

Ramadhani, Ardi. 2013, Maret). Hubungan Motif Bermain Game Online dengan PerilakuAgresivitas Remaja Awal (Studi Kasus di Warnet Zerowings, Kandela dan Mutant di Samarinda). eJournal Ilmu Komunikasi. Vol. 1, No. 1. 142- 143

Rizal, M.Abdur. 2018.Hubungan Ketaan Beribadah (Sholat) dengan Tingkatan Demensia pada Lansia di Kelurahan Bendan Kergon Kota Pekalongan. Pena Medika. 14–27.

Sari, R. D. 2018. Pengaruh Pemahaman Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Desa Ngestirahayu Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Jurusan PAI-IAIN Metro Lampung

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Sudarsono. 2018. Pendidikan Ibadah Perspektif al-Quran dan Hadits. Cendikia: Jurnal Studi Keislaman. 4 (1), 54-65

Surbakti, Krista. 2017, April). Pengaruh Game online Terhadap Remaja. Jurnal Curere. Vol. 01, No. 01. 30-35

Syarafina, Zahra Kautsar;Kholifah, Siti Nur;Heryanto, Bambang; Fadillah, N. 2017. Hubungan Ketaatan Beribadah Dengan Kebahagiaan Lansia. Jurnal Keperawatan, 10(1), 11–16. http://journal.poltekkesdepkessby.ac.id/index.php/KEP/article/vie w/766

Tiyono, Aris. 2010. Pengaruh Pemahaman PAI terhadap Pengamalan Ibadah Siswa (Studi Kasus Di SMP Islam Ngadirejo Temanggung). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.

Utami, T. W., & Hodikoh, A. 2020. Kecanduan Game Online Berhubungan Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17–22.

Young, K. 2009, September. Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues for Adolescents. The American Journal of Family Therapy, Vol. 37, Issue 5, 355-366

Young, K., dkk. 2000, Tanpa Bulan. Cyber-Disorders: The Mental Health Concern for the New Millennium. CyberPsychology & Behavior, Vol.3, No.5, 475-479

Yusuf, A., Krisnana, I & Ibrahim, A. 2019. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Komunikasi Interpersonal Dan Interaksi Sosial Remaja. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 1(2), 71. https://doi.org/10.20473/pnj.v1i2.13 591 https://www.it-jurnal.com/pengertianinternet/Diakses pada tanggal 31 Juli 2020 https://esportsnesia.com/penting/apaitu-moba/.

Diakses pada tanggal 13 April 2020 http://id.wikipedia.org/wiki/Permaina n_daring.

Diakses pada tanggal 10 Maret 2020 https://kumparan.com/kumparantech/ di-indonesia-mobile-legendsdimainkan-8-juta-penggunaaktif/full. diakses pada tanggal 5 Oktober 2020

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles