Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Een Susanti SDN 109 Rejang Lebong

Keywords:

Peran Guru, Motivasi Belajar, Minat Belajar

Abstract

Motivasi adalah suatu pendorong seseorang dalam belajar. Motivasi ini bisa didapat dari guru, diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal. Sedangkan minat adalah suatu keinginan awal yang tumbuh pada pergerakan siswa dalam pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan. Tindakan dari seorang guru merupakan bentuk motivasi bagi para siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran motivasi guru terhadap minat belajar siswa di SD N 109 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 109 Rejang Lebong dengan subjek guru dan siswa. Kemudian data didapatkan melewati observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa peran guru dalam memberikan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap minat belajar para siswa yang dilaksanakan secara maksimal oleh guru.

References

Adnan, K., and Muh Idris Jafar. 2022. “Hubungan Antara Variasi Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 2(1).

Di, Didik, and Sekolah Dasar. 2019. “MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA.” (January).

Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2017. “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA.” 4(1).

Hitipeuw, Imanuel, and Psikologi-universitas Negeri Malang. 2018. “Hubungan Motivasi Belajar Dan Tindakan Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar.” 806–9.

Ilmiah, Jurnal, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Syiah Kuala. 2017. “UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY DI KELAS V SD NEGERI LAMPAGEN ACEH BESAR Fauziah, Intan Safiah, Syarifah Habibah.” 2:30–38.

Luh, Ni, Sakinah Nuraini, and Wisnu Cahyo Laksono. 2019. “MOTIVASI INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA SEKOLAH.” 28(2):115–24.

Maheswari, Galuh, and Puri Pramudiani. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” 3(5):2531–38.

Persada, Stkip, Khatulistiwa Sintang, and Jl Pertamina-sengkuang. 2015. “No Title.” 1.

Puspitasari, Erika, Punaji Setyosari, Pendidikan Dasar, and Pascasarjana-universitas Negeri Malang. 2016. “PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI THINK PAIR SHARE (TPS ) DI SEKOLAH DASAR.” (2012):1432–36.

Saumi, Nafisah Nor, and Erik Aditia Ismaya. 2021. “Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19.” 7(1):149–55. doi: 10.31949/educatio.v7i1.892.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles