Peran Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak

Authors

  • Cucu Ariati SMPN 33 Bengkulu Utara

Keywords:

Pendidikan Agama, peran orang tua, kepribadian anak.

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak yang diharapkan mampu menyadarkan para orang tua tentang pentingnya pendidikan agama dalam sebuah keluarga sebagai pembentuk kepribadian anak di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode adalah penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan mengkaji teks al-Qur’an, buku-buku, dan naskah yang bersumber dari khazanah kepustakaan yang relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Hasil Penelitiannya karena di abad 21 ini penuh tantangan apa lagi sebagai orang tua, pergeseran budaya, perkembangan zaman yang sangat cepat menuntut kita untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak dengan maraknya kasus yang tidak terpuji yang dilakukan oleh anak dibawah umur, dekadensi moral anak, kenakalan remaja dan lain sebagainya. Maka sangat penting peran pendidikan agama dalam keluarga dalam membentuk kepribadian sejak usia dini, anak diajarkan aqidah, ibadah dan akhlak secara berkesenimbungan dan orang tua mampu menjadi teladan bagi anak-anak mereka.

References

Framanta, Galih Mairefa, ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2.1 (2020), 126–29 <https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654>

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Mujahidin, Endin, ‘Pengaruh Materi Cerita Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7.02 (2018), 211 <https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.283>

Suriadi, Suriadi, Mursidin Mursidin, Kamil Kamil, and Adnan Adnan, ‘Pendidikan Agama Dalam Keluarga’, Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15.1 (2019), 89–105 <https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.326>

Wahib A, ‘Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak’, Jurnal Paradigma, 2.1 (2015), 2406–9787

Peran Ayah dalam Keluarga yang Tak Kalah Penting – Cakap

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktik, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles