Inisiatif SDN 134 Rejang Lebong dalam Mewujudkan Pelajar Yang Religius Dan Berjiwa Sosial Melalui Program Segenggam Beras Sepekan (Seberan)

Authors

  • Idham Ferdiansyah SDN 134 Rejang Lebong

Keywords:

Berbagi; Religius, Sosial; Seberan

Abstract

SDN 134 Rejang Lebong berusaha menanamkan rasa peduli dan berbagi terhadap sesama manusia yang dibina kepada peserta didik sedini mungkin. Wujud kepedulian yang diharapkan dari peserta didik bukan saja kepada sesama warga sekolah, namun juga terhadap warga sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal mereka. Salah satu masalah sosial yang diusung dalam makalah ini adalah tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Rejang lebong yang meningkat akibat masa pandemi dan mengimpelentasikan visi sekolah yang berkaitan erat dengan perwujudan sekolah dalam membentuk pelajar yang Religius dan berjiwa sosial. Salah satu upaya yang diprogramkan di SDN 134 RL dalam mendukung program pemerintah ini adalah dengan Seberan (Segenggam Beras Sepekan). Melalui Seberan (Segenggam Beras Sepekan) SDN 134 mewujudkan pelajar yang Religius dan berjiwa sosial. Yaitu dimulai dari mengumpulkan segenggam beras setiap pekannya. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri pelajar yang Religius dan berjiwa sosial: beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, berkebhinekaan global, mandiri, bergotongroyong, bernalar kritis, dan berpikir kreatif. Dimana ciri-ciri pelajar yang Religius dan berjiwa sosial ini sejalan dengan visi sekolah. Tidak hanya itu, program ini juga sesuai dengan branding sekolah yaitu relijius, nasionalis, peduli lingkungan, dan prestasi Hasil yang dari program Seberan ini juga bermanfaat untuk warga sekolah dan sekitar. Di antaranya untuk membantu siswa yang kurang mampu dan berbagi santunan kepada masyarakat yang membutuhkan. Diharapkan program Seberan (Segenggam Beras Sepekan) ini mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk peduli terhadap sesama, khususnya dunia Pendidikan dalam mewujudkan generasi pelajar yang Religius dan berjiwa sosial

References

Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hamid, Abdul.2009. Ilmu Akhla. Bandung: Pustaka Cipta.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).”

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hera Lestari Malik, Agus Taufik & Puji Lestari Prianti. (2008). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Insan Muhammad, Sani. Aan Hasanah, Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XVI, No. 1, Juni 2019 CurupExpress.com

Ismail, S; Suhana; & Qiqi Yulianti Zakiah. 2021. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1): 76-84.

Jehan J., Asarina; Adolf Bastian. 2021. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Universitas PGRI Palembang. Proseding: 257-265

Listyarti Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi. Mulyani Sumantri & Nana Syaodih. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Narwanti Sri. (2011). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Familia. Nasution, 1983. Sosiologi Pendidikan, Bandung, Jammars.

Rusnaini, dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27 (2): 230-249

Siregar, I; Salmah Naelofaria. Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran Daring Tingkat Sekolah Dasar (SD) Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2): 130- 135

Thabi’in, A. Menumbuhkan Sikap Peduli Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial, Journal of Social Science Teaching, Jurnal IJTIMAIYA _ Vol. 1 No. 1 Juli-Desember 2017

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles