Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDN 09 Kepahiang

Authors

  • Nurhadijah SDN 09, Kepahiang

Keywords:

Strategi, Guru dan Kecerdasan Emosional

Abstract

Strategi guru dalam proses pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan siswa tidak aktif dan fokus dalam pembelajaran, siswa kurang antusias dan beberapa siswa ribut di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas V SDN 09 Kepahiang dan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas V SDN 09 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis kualitatif yang membahas tentang strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri 09 Kepahiang. Hasil penelitian ini bahwa Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V di SDN 09 Kepahiang. Pertama, pembelajaran mencakup kegiatan interaktif, menarik, Menantang, Motivasi. Kedua, kecerdasan emosional yang dimiliki siswa meliputi kesadaran diri, Kontrol diri, Motivasi, Empati, dan kemampuan sosial, yaitu mampu berinteraksi dengan baik

References

Darmansyah. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

HM, Eli Manizar. “Mengelola Kecerdasan Emosi.” Tadrib: Jurnal Pendiidkan Agama Islam 2, no. 2 (2017).

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Depok: RajaGrafindo Persada, 2016. Mahmud. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Mastur, A Kang. Humor Guru Sufi. Banjarmasin: Diva Pres, 2016. Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004. Nurlaila. Pengelolaan Pengajaran. Palembang: Noer Fikri, 2015.

Observasi. “di SD Negeri 218 Palembang,”.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.

Uno, Hamzah B. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wahab, Rohmalina. Psikologi Belajar. Palembang: Grafika Telindo Pres, 2014. “Wawancara dengan Ely Yuslina selaku Guru PAI SD Kelas VI SD 214 Palembang,” 2019.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles