Peningkatan Hasil Belajar Materi Kisah Keteladanan Nabi Ayyub Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tife Tgt Siswa Kelas IV SDN 86 Rejang Lebong

Authors

  • Neliyanti SDN 86 Rejang Lebong

Keywords:

Hasil Belajar, metode Kooperatif Tife TGT, PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menerapkan mitode pembelajaran Kooperatif Tife TGT siswa kelas IV SDN 86 Rejang Lebong: a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode Kooperatif Tife TGT? b) Bagaimanakah pengaruh metode metode pembelajaran Kooperatif Tife TGT terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Kooperatif Tife TGT. b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode pembelajaran Kooperatif Tife TGT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 86 Rejang Lebong. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan ke 1 sampai siklus II pertemuan ke 2 yaitu, siklus I peremuan ke 1 (30,00%), Siklus I pertemuan ke 2 (55,00%), siklus II pertemuan ke 1 (75,00%), dan siklus II pertemuan ke 2 (95,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Kooperatif Tife TGT dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV semester 1 SDN 86 Rejang Lebong tahun pelajaran 2022/2023, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Berg, Euwe Vd. (2008). Miskonsepsi bahasa Indonesia dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

KBBI. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. (Jakarta: PT Rajawali Pers).

Lestari, Hera, et all. 2002. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Masriyah. 2009. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2007. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesaniversitas Press.

Soetomo. 2003. Belajar Aktif. Bandung. Sinar Baru.

Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar: Sebuah Kajian Psikologi Penelitian. Yogyakarta: K-Media.

Suryosubroto, B. 2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles