Pentingnya Meningkatkan Pendidikan Moral Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Masnun SD Negeri 101780

Keywords:

Pendidikan Moral, Perkembangan Moral, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan bertujuan bukan hanya membentuk manusia yang cerdas otaknya dan trampil dalam melaksanakan tugas, namun diharapkan menghasilkan manusia yang memiliki moral, sehingga menghasilkan warga negara excellent. Oleh karena itu pendidikan tidak semata-mata mentrasfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi juga mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkannya perkembangan moral pada anak sekolah dasar. Penelitian yang akan diteliti menggunakan pendekatan deskriptif dan akan menggunakan metode kualitatif. Pada hasil diskusi menggunakan berbagai sumber seperti artikel, buku dan jurnal. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan dan menyadari pentingnya peningkatan perkembangan moral pada anak sekolah dasar. Dengan diberikannya pendidikan moral bagi anak SD diharapkan dapat merubah perilaku anak, sehingga peserta didik jika sudah dewasa lebih bertanggung jawab dan menghargai sesamanya dan mampu menghadapi tatangan jaman yang cepat berubah.

References

Deti, Salsabila., Lestari, Triana. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai : 5 (1)

Habibah, dkk. 2007. Metode Pengembangan Moral Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: FIP UNY. (makalah)

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. JIPSINDO, 6(2)

Kusrahmadi, Sigit. (2007). Pentingnya Sekolah Moral Bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan.

Latifah, U. (2017). Aspek perkembangan pada anak Sekolah Dasar: Masalah dan perkembangannya. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2).

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Slamet Suyanto, 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud, Dirjendikti. Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidikan dan Pergruan Tinggi

Suparno, S. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2)

Yustriana, Yessy., dkk. (2021). Studi Literatur: Pendidikan Moral Di Sekolah Dasar. SNHRP

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles