Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Q.S Al-Falaq Kelas IV Di SDN 149 Rejang Lebong

Authors

  • Supriyatin SDN 149 Rejang Lebong

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Media pembelajaran merupakan komponen yang membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan komunikatif dalam sebuah kegiatan bealajar mengajar di kelas. Masalah-masalah dalam proses pembelajaran seperti kejenuhan dan kurangnya semangat siswa, gangguan dalam kelas, serta perhatian siswa yang rendah karena mengantuk perlu segera diatasi. Salah satu solusi pemecahannya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. pemilihan media yang tepat dapat menarik siswa untuk semangat belajar. Banyak macam media pembelajaran, salah satunya adalah media video animasi, yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Yang kemudian disimpulkan dengan analisis deskriptif, sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI dan siswa kelas IV SDN 149 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan guru PAI dalam menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran PAI pokok bahasan Q.S Al-Falaq kelas IV SDN 149 Rejang Lebong dapat dikatakan baik, karena dari hasil observasi yang dilaksanakan untuk melihat aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran, terjadi peningkatan yang signifikan. (2) Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media Video Animasi dalam pembelajaran PAI pokok bahasan q.s Al-Falaq kelas IV SDN 149 Rejang Lebong dapat dikatakan baik karena lebih dari 90% siswa menyatakan pembelajaran menyenangkan, suka dengan pembelajaran dan dapat lebih memahami materi dan lebih mudah untuk mengingat serta menghafal surat Al-Falaq.

References

Ahmad Rofiq, Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Conciencia (Jurnal Pendidikan Islam), Bandung:2007

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rieneka Cipta, 1998

Asnawir, Media Pendidikan, Ciputat Pers, Jakarta : 2002.

Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan pembelajaran. Yogya-karta: Ar –Ruzz Media

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an aid multimedia learning. educational psychology review, Vol. 14, No.1, March 2002. Diakses dari http://search.proquest.com pada tanggal 21 Juli 2012.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nana Sudjana, Media Pendidikan, Sinar Baru, Bandung: 1990. Nasution S., Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Sudjana Nana dan Rifa’I Ahmad, Media Pengajaran Bandung : Sinar Algesindo, 2002

Suharjo Drajad, Metodologi Penelitian Dan Penulisan Laporan Ilmiah, Yogyakarta: UII Press, 2003

Usman Husaini dan Setiadi Akbar Purnomo, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

UURI Nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, CV. Cemerlang,Jakarta 2004Yusuf Hadimiarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Kencana, Jakarta : 2004

www.indomedia.com/bpost/042003/22/opini /opini I.htm

Zahara Idris, Dasar-Dasar Pendidikan, Angkasa Raya, Padang: 198

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles