Tanggung Jawab Moral Pengawas Madrasah Dalam Melaksanakan Tugas Kepengawasan Di Kabupaten Kepahiang

Authors

  • Risa Leni Lanovia SD Negeri 13 Kepahiang

Keywords:

Madrasah, moral, pengawas, tanggung jawab.

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang di-dasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Hasil penelitian ini yaitu Dalam Penyusunan program pengawasan dikembangkan atas dasar hasil pengawasan pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan sekolah harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Program Tahunan yang terdiri dari kegiatan penilaian, pembinaan, dan pemantauan terutama menyangkut dimensi kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan. Aspek pembinaan terdiri dari empat kompetensi (pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial). Pembinaan guru dilakukan kerena guru dituntut lebih kritis dan aktif dalam menjalankan tugasnya. Pelaksanaan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru materi yang diberikan meliputi pengembangan diri publikasi ilmiah karya inovatif. Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dalam bentuk kegiatan MGMP/KKG/ dan MGP.

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori (2010), Metod-ologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta Bungin. Burhan. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Jakarta)

Abdul Hamid, & A. Kadir Djaelani (2003). Pedoman Pengembangan Administrasi, dan Supervisi Pendidikan Jakarta: Depag RI Dirjen Bimbaga Islam DITMAPENDA

Al-Qur’an dan Terjemahannya. (2004). Depag RI Anggara Sastro, tt, Kajian Pendidikan Bermutu, Jakarta: Rendi Putra Jaya.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Ayon Triyono, (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Selatan: Oryza.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Siswa Rosdakarya, 2002).

Mawardi, Ilmu alamiad Dasar, Ilmu Sosial dasar, Ilmu Budaya Dasar, (Bandung: Pustaka Setia, 2007)

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

The Liang Gie, Pengantar Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Liberty, 2000)

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles