Pembentukan Akhlak Siswa di Sekolah Dasar: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan melalui kegiatan sholat Dhuha

Authors

  • Widya Nita Kirana SDN 1 Rejang Lebong

Keywords:

Akhlak, Guru, Sekolah, Siswa

Abstract

Pendidikan akhlak sangat penting untuk kehidupan umat manusia, bagi keberlangsungan hidup yang memiliki tujuan agar dapat membangun akhlak manusia yang cocok dengan pedoman Al-Qur’an serta Hadits. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui keikutsertaan lingkungan sekolah, keahlian guru dan standar pendidikan untuk membentuk akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi kepada 100 siswa dari seluruh siswa Sekolah Dasar,yang mengikuti sholat Dhuha secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan dan analisis dengan menggunakan fakta yang berada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 26,9%, kompetensi guru berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 38,4%, mutu pendidikan berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 36,19%, dan lingkungan sekolah, kompetensi guru dan mutu pendidikan berkontribusi positif (49,4%) terhadap akhlak siswa di Sekolah Dasar. Penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah, kompetensi guru dan mutu pendidikan berkontribusi positif terhadap akhlak siswa di sekolah dasar. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan akhlak siswa di masa depan dengan menerapkan lingkungan sekolah, kompetensi guru, dan mutu pendidikan di seluruh sekolah dasar di Indonesia.

References

Ahmadi, Abu, dan Salimi, Noor. Dasardasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang, 2017.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan. Cet.IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles