Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kepahiang

Authors

  • Rahmatullaila SMPN 5 Kepahiang

Keywords:

Hasil belajar, media Pembelajaran, Audio Visual

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.1 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi keimanan. Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri kebiasaan Buruk.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SMP Negeri 5 Kepahiang sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) Guru sudah Menggunakan berbagai metode/media dalam pembelajaran. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran. Produk pembelajaran yang dihasilkan menunjukkan bahwa pada aspek kognitif afektif dan psikomotorik, secara umum masih perlu ditingkatkan. Pada aspek psikomotor, keterampilan praktek pada persoalan ibadah masih rendah, hal ini akhirnya berpengaruh pada pembiasaan (aspek afektif) anak di rumah. Rendahnya pengalaman keagamaan ini nampak dipengaruhi oleh input siswa yang rendah, yang pada akhirnya berpengaruh pada output (produk) yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan teoritik terhadap pengembangan ilmu pendidikan yang berkaitan dengan Hasil belajar siswa melalui Diskusi dan Audio Visual dan membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga dapat mencetak produk yang bermutu dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa serta berakhlak mulia.

References

Azhar Arsyad,Prof.Dr.,Media Pembelajaran,2003, Jakarta : PT Radja Grafindo Persada

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa, 2010.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996.Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta,

Dkk, Dian DIah Suwarni. “Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Dan Demonstrasi Reciprocal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor.” Jurnal Pendidikan Ilmiah 3, no. 3 (2018): 90–95

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

La’ali Nur Aida, Dkk. “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7, no. 1 (2020): 43-44.

Manshur, Umar, and Maghfur Ramdlani. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai.” Al Murabbi 5, no. 1 (2020): 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854.

Muslimin Ibrahim, Prof.,M.Pd., dkk., Pembelajaran Kooperatif,2000, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.

Nabillah Tasya & Abadi Agung Prasetyo. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.”Jurnal Ilmiah Aquinas 4, no. 1 (2021): 60–64.

Rahman, Rieza Hardyan. “Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21, no. 01 (2021): 46–54. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.831.

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung : Remaja Rosdakarya,

Usman, Asnawir dan M. Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Winkel,W.S. Psikologi Pengajaran, 1991,Jakarta : Grasindo,

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles