Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Mengenal Kepada Kitab-kitab Allah Melalui Media Powerpoint Di SD Negeri 11 Tebat Karai

Authors

  • Iin Sumari SD Negeri 11 Tebat Karai

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, Microsoft Powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik  materi Mengenal Kitab-kitab Allah melalui media microsoft powerpoint pada siswa kelas V SD Negeri 11 Tebat Karai semester I tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 18 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data terdiri atas data kualitatif berupa lembar observasi, catatan harian, dan foto dokumentasi pembelajaran, dan sumber data kuantitatif berupa tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik nontes untuk data kualitatif, dan teknik tes untuk data kuantitatif dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil pre-tes dan posttest yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media microsoft powerpoint dapat meningkatkan motivasi peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 72,59% dengan kategori cukup menjadi 92,03% dengan kategori baik atau mengalami peningkatan 19%. Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 61,11%, dan pada siklus II menjadi 88,89% atau dari 11 siswa menjadi 16 siswa, sehingga ada peningkatan ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 37%.

References

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Perkembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali Pers

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Gratindo Persada

Asnawir, Usman Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers

Danim, Sudarman. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta

Didin, S., A Husaini, M. Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 2 (2), 152-197

Kemendikbud. 2016. Panduan Penialaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Anak Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta : Delia Pers

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistitika, Edisi 6. Bandung: Tarsito

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Zaman, Badrus. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Metode CTL dan Pemberian Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Teras, Boyolali Tahun 2012. Tesis: Pascasarjana UMS.

Zaman, Badrus. 2020. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Teori dan Aplikasinya. Sukoharjo: Oase Pustaka.

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles