Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Meriah Sabtu (Meraih Ridha Allah Dengan Saling Membantu) Di SMPN 23 Rejang Lebong

Authors

  • Hendri Halomoan Siregar SMPN 23 Rejang Lebong

Keywords:

Karakter Religius; Ridho Allah; Saling Membantu

Abstract

Sekolah mempunyai peranan penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku moral anak, dengan menanamkan nilai-nilai agama agar tercipta insan yang religius pada anak. Untuk itu, pendidikan karakter anak harus dimulai sejak dini agar menjadi penerus bangsa yang memiliki akhlakul karimah. Oleh karena itu, harus ada proses pendidikan yang mampu memadukan antara pendidikan sekolah, keluarga dan lingkungan. Hal ini diharapkan bisa mendorong penguatan pendidikan karakter anak, meningkatkan kepedulian keluarga terhadap pendidikan anak, membangun sinergitas antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dengan demikian akan terwujud lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan. SMPN 23  Rejang Lebong berusaha menanamkan rasa peduli dan berbagi terhadap sesama manusia yang dibina kepada peserta didik sedini mungkin. Wujud kepedulian yang diharapkan dari peserta didik bukan saja kepada sesama warga sekolah, namun juga terhadap warga sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal mereka. Salah satu upaya yang diprogramkan di SMPN 23  RL dalam membentuk karakter religius ini adalah dengan Meriah Sabtu (Meraih Ridha Ilahi dengan Saling Membantu). Dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab perlu adanya upaya yang dilakukan oleh guru atau pun orang tua salah satunya dengan membiasakan hal-hal positif pada anak.

References

Agus Zaenal Fitri.(2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Dan Kemajuan Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Depdiknas.(2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).”

Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Insan Muhammad, Sani. Aan Hasanah, Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XVI, No. 1, Juni 2019 CurupExpress.com

Ismail, S; Suhana; & Qiqi Yulianti Zakiah. 2023. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1): 76-84.

Listyarti Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi

Mulyani Sumantri & Nana Syaodih. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas

Narwanti Sri. (2011). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Familia. Nasution, 1983. Sosiologi Pendidikan, Bandung , Jammars.

Siregar, I; Salmah Naelofaria. Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran Daring Tingkat Sekolah Dasar (SD) Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2): 130- 135

Thabi’in, A. Menumbuhkan Sikap Peduli Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial, Journal of Social Science Teaching, Jurnal IJTIMAIYA _ Vol. 1 No. 1 Juli-Desember 2017

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles