Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PABP) Dengan Menggunakan Media Power Point Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 24 Kaur

Authors

  • Nurumayanti SD Negeri 24 Kaur

Keywords:

Media Power Point Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus, tiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 24 Kaur berjumlah 12 siswa yaitu 7 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil penelitian yaitu : Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian dismpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan media power point meningkathal ini dibuktikan rerata hasil observasi siklus 1 dengan nilai 76,5 dengan kategori cukup, sedangkan siklus 2 dengan nilai 87 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar siswa pada data awal ketuntasan belajar secara klasikal yakni rerata 65, kemudian rerata pada siklus 1 yakni 72,22 dan pada siklus 2 menjadi 82,78. Sedangkan ketuntasan secara individu pada data awal peserta didik yang dapat memenuhi KKM ≥ 70 hanya sebanyak 6 orang (33,33%), sedangkan pada siklus 1 sebanyak 12 siswa (66,67%), kemudian pada siklus 2 menjadi 18 siswa (100%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan media powerpoint maka beberapa saran diajukan adalah sebagai berikut: 1) untuk meningkatkan kemampuan guru dan menjadikan acuan untuk menjadi guru yang professional dan juga hendaknya dalam setiap materi disertakan alat peraga agar tidak terjadi verbalisme, 2) diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dan akhirnya hasil belajar lebih optimal.

References

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). GUIDANCE AND COUNSELING COMPREHENSIF PROGRAM IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION BASED ON DEVELOPMENTAL TASK. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 95-103.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Riyana, Cepi. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang Selatan: UT

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajawali Press

Solihatin, Etin. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Susilana. (2007). Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D. (2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 176-189.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yusuf Bilfaqih dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles