Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Media Audio Visual Siswa Kelas VI SDN 60 Kaur

Authors

  • Armiki SD Negeri 60 Kaur

Keywords:

Media Audio Visual, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diterapkan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri 60 Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen (experimental method) menggunakan desain penelitian Tru Esperimental design. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Kemudian populasinya adalah 81 siswa dan sampelnya adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian adalah aktivitas belajar siswa saat tidak menerapkan media audio visual menggunakan uji t di kelas VI. A (kontrol) yang berjumlah 18 siswa dalam kategori sedang dimana 13 dari 18 siswa termasuk dalam kategori sedang atau sebanyak 81,25% dari seluruh siswa. Aktivitas belajar siswa saat menerapkan media pembelajaran media audio visual menggunakan uji 't' di kelas VI.B (eksperimen) yang berjumlah 18 siswa mulai meningkat walaupun masih dalam kategori sedang dimana 15 dari 18 siswa termasuk dalam kategori sedang atau sebanyak 95,875% dari keseluruhan siswa. pengaruh penerapan model pembelajaran numbered head together menggunakan Media Audio Visual dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Surah Al-Kafirun kelas VI di SD Negeri 60 Kaur. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan data menggunakan uji t. hasilnya thitung > ttabel (2,66 <6,20> 2.

References

Ike Yumelda, Fajri Ismail, Herman Zaini (2021). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Darun Najah Ogan Ilir vol. 3, No. 3, (Juli 2021): 234-252

Rivai, Nana Sudjana dan Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar baru Algesindo, 2013.

Rusmaini. Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press, 2014. Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sumiati. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2009.

Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5, no. 1 (2019): 87-103.

Wina Sanjaya. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2012. Yudhi Munadi. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 20

https://media.neliti.com/media/publications/475147-none-c122a4c9.pdf

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/pairf

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles