Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Asmaul Husna di SD Negeri 03 Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang

Authors

  • Heri Bakhtiar SD Negeri 03 Muara Kemumu

Keywords:

Media Audio Visual; Asmaul Husna; Penerapan Media

Abstract

Kemumu khusus pada materi “asmaul husna”.  Sedangkan objek penelitian ini yaitu guru beserta siswa yang sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Metode dalam  penelitian ini adalah kualitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan hasil pengamatan dari teman sejawat pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah media audio visual yang diaplikasikan berbasis video dan gambar bersuara akan dapat menciptakan suasana belajar yang dapat menarik siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran, serta terlihat jelas siswa sangat antusias mengikuti pelajaran. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan media belajar audio visual di kelas. Terkhusus mata pelajaran Pendidika Agama Islam (PAI) pada materi “asmaul husna”. Dari hasil wawancara dan juga pengamatan langsung pada siswa selama dan setelah proses belajar mengajar, peneliti menyatakan hampir seluruh siswa menyukai kegiatan pembelajaran yang menggunakan audio visual

References

Dalyono M. (2007), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah (2008), Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Mukhtar (2003), Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Jakarta, Misaka Galiza.

Rahman, Rieza Rahardian, 2021, Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Ahlakh Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 21 Number 01

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah.Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum,20(2), 115-128

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tafonao, Talizaro.(2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2), 104–105.

Downloads

Published

2022-10-14

Issue

Section

Articles