Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Siswa Di Sekolah

Authors

  • Anita Prasetyo SD N 133 Bengkulu Utara

Keywords:

Sopan Santun, Peran Guru

Abstract

Guru menjadi sosok yang amat penting dalam mendidik siswa. Guru memiliki peran dalam menanamkan berbagai nilai kepada siswa, salah satunya adalah sopan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan sikap kesantunan kepada siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek dalam penelitian adalah guru di SD N 133 Bengkulu Utara dengan jumlah 5 orang dan siswa kelas V dengan jumlah 10 orang yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Wawancara semi terstruktur menjadi salah satu metode dalam pengumpulan data di penelitian ini. Analisis tematik dipilih dan cocok digunakan dalam Teknik analisis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran dalam menanamkan sikap sopan santun siswa disekolah, yaitu: penanaman nilai-nilai moral dan agama, proses dalam belajar mengajar, hukuman yang baik untuk digunakan, bimbingan orang tua, serta lingkungan yang baik. Bukan hanya itu guru sebagai panutan dan menjadi contoh bagi siswa sehingga guru harus bersikap sopan santun agar menjadi model yang baik dalam menanamkan sikap sopan santun.

References

Ainah, Sarbaini, and Rabiatul Adawiah. 2016. “Strategi Guru PKn Menanamkan Karakter Sopan Santun Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 3 Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6 (11).

Aini, Qurotul, Untung Rahardja, Nuke Puji Lestari Santoso, and Anggun Oktariyani. 2021. “Aplikasi Berbasis Blockchain Dalam Dunia Pendidikan Dengan Metode Systematics Review.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6 (1): 58.

Amirulloh, H. 2015. “Teori Pendidikan Karakter Remaja Dalam Keluarga.” Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

Ikrommullah, Anata. 2015. “Tahapan Perkembangan Moral Santri Mahasiswa Menurut Lawrence Kohlberg Di Pesatren Mahasiswa Al-Hikam Malang.” Universitas Negeri Malang.

Mustari, Mohamad, and M Taufik Rahman. 2014. “Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan.”

Ningsih, Diah Retno. 2020. “Kepemimpinan Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2 (1): 40–53.

Noor, Rohinah M. 2012. “Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif Di Sekolah Dan Di Rumah.” Yogyakarta: Pedagogia.

Ratnasari, Deni, and I Made Arsana. 2013. “Penanaman Sikap Sopan Santun Sebagai Pendidikan Moral Kepada Siswa Melalui Tata Tertib Sekolah Di SMK PGRI 2 Kertosono.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2 (1): 333–47.

Suharti, S D. 2014. “Pendidikan Karakter Hormat Dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 2: 123180.

Suryani, Liliek. 2017. “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok.” E-Jurnal Mitra Pendidikan 1 (1): 112–24.

Yuan, Xinrui, and Ling Che. 2012. “How to Deal with Student Misbehaviour in the Classroom?” Journal of Educational and Developmental Psychology 2 (1): 143.

Yusuf, Syamsu, and A Juntika Nurihsan. 2019. “Landasan Bimbingan Dan Konseling.”

Zuriah, Nurul. 2007. “Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif.” Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles