Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan HasilnBelajar Siswa Pada Materi Membaca Huruf Hijaiyah Kelas II SDN 18 Seluma

Authors

  • Dili Putri Sukaesih SDN 18 Seluma

Keywords:

Huruf Hijaiyah, Media Audio Visual, Siswa

Abstract

Baca Tulis Al-Quran (BTQ) merupakan salah satu bagian dari materi yang sangat penting dan harus diajarkan di Sekolah Dasar, mulai kelas I hingga Kelas VI, dimulai dari pengenalan huruf-huruf hijaiyah sampai dengan bacaan kata dan kalimat. Khusus kelas II dalam materi ini siswa dituntut untuk mampu melafalkan setiap huruf hijaiyah yang berjumlah 30 huruf. Pelafalan huruf setiap siswa harus mampu melafadzkan atau membacakan setiap huruf hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf. Dari hasil penelitian, membuktikan bahwa siswa dalam melafalkan huruf hijaiyah kenyataannya dinilai masih rendah dan belum mencapai tujuan yang maksimal, Nilai yang diperoleh siswa masih banyak yang belum mencapai Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang variatif dan hanya menggunakan metode ceramah dan lebih ditekankan pada hafalan serta tidak menggunakan media pembalajaran yang memadai, akibatnya Proses pembelajaran kurang menarik dan para siswa kurang memahami manfaat dari materi yang dipelajarinya. Berdasarkan kenyataan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah makharijul huruf, baik sebelum maupun sesudah menggunakan media Pembelajaran yaitu penggunaan media audio visual dari setiap siklus sampai dengan siklus yang terakhir. untuk mencapai tujuan tersebut, perlu diciptakan suasana belajar yang inovatif, menarik dan menyenangkan, yang dapat melibatkan dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, melalui proses Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Media Audio Visual serta media pendukung lainnya, dimungkinkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam melafalkan huruf hijaiyah, dengan perolehan nilai Ketuntasan Minimal 75 atau 85% dari jumlah siswa 20 orang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt Bumi Askara.

Atika, F. (2022, July). Kendala Penggunaan Google Meet Kelas VIII untuk Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran IPA SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 2, No. 1, pp. 425-428).

Azhar, Lalu Muhammad.1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional

Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

DP, P. S. O., Rukajat, A., & Arifin, Z. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2046-2056.

Hadi, Sutrisno.1982.Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM

Febrianto, M. V. (2019). Penggunaan Media Kartu Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Huruf Hijaiyah dan Harakat Kelas I SD Muhammadiyah Panji. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 3(2), 140-148.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

La Maskone. 2011. Jurnal Pendidikan Vol 12, Pengaruh Media Overhead Projector dan Pemberian Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar pendidikan pancasila Dan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia (Jakarta: LPPM Universitas Terbuka

Lizawati, L., & Romelah, R. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS 1 SDN 001 RANAI KABUPATEN NATUNA. Research and Development Journal of Education, 8(2), 757-761.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Prakoso, I., & Abidin, Z. (2019). Penerapan media audio visual terhadap kemampuan membaca al-qur'an anak tunagrahita Kelas vii di slb abcd tunas pembangunan 1 nogosari Tahun pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rohmawati, L. (2021). Efektivitas Penerapan Media Sosial WhatsApp terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTS Manbaul Bahri Dadap Indramayu). SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 40-50.

Taib, B. (2017). Penerapan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B TK Sandhy Putra Telkom Ternate. Edukasi-Jurnal Pendidikan, 15(1), 707-716.

Wati, I., Nurtiani, A. T., & Hanun, C. F. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Kelompok A Tk Al Kawanad Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2).

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles