Implementasi Metode Iqra Dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran Pada Siswa Kelas VI SDN 14 Seluma

Authors

  • Nuryanto SDN 14 Seluma

Keywords:

Al-Qur’an, Metode Iqra

Abstract

Metode iqra dianggap sebagai metode yang sangat efektif dalam membantu siswa untuk belajar membaca dan menulis Alquran. Karena dengan menerapkan metode iqra Siswa lebih cepat memahami, dalam melafalkan ayat-ayat Al-quran dengan baik dan benar yang berfungsi sebagai pedoman hidup, petunjuk, serta pelajaran bagi kehidupan umat Islam. Tujuan penelitan ini untuk mengkaji: (1) kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VI SDN 14 Seluma (2) faktor yang melatar belakangi buta membaca Alquran Siswa kelas VI SDN 14 Seluma (3) Pemberantasan buta baca al-qur’an dengan mengimplentasikan metode Iqra pada Siswa kelas VI SDN 14 Seluma. Dalam penelitan ini penulis menggunakan metode kualitatif .Penelitian ini dilakukan di SDN 14 Seluma dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang didapat dari penelitian kemudian dianalisis dengan di pusatkan pada data-data lapangan melalui penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validasi data Teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu menggali kebenaran data dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda,serta pengecekan kembali dengan teknik yang berbeda, sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VI SDN 14 Seluma masih rendah yang di sebabkan kurangnya minat membaca siswa, dan kurangnya dorongan dari orang tua di rumah. Dalam penelitian yang di lakukan penulis dengan judul “Implementasi Metode Iqra dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran Pada Siswa Kelas VI SDN 14 Seluma” dapat meningkatkan Kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid.

References

Ahmad Romadhon. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tahsin Alquran dengan Menggunakan Metode Talaqqi dalam Upaya Meningkatkan Kefasihan Membaca Alquran. Skripsi. Program Studi Agama Islam. Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor. hlm. 25.

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 251-266.

Ismail, I. (2019). Pelatihan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada TK-TPA At-Taqwa dalam Mengatasi Buta Aksara Qur’an di Kelurahan Kambiolangi. Maspul Journal Of Community Empowerment, 1(1), 21-30.

Maimori, R. (2017). Efektifitas Program Syar’i: Hafalan Alquran Dengan Menggunakan Metode One Day Three Lines Pada Siswa Mtsn 01 Limapuluh Kota. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 15(2), 201-212.

Mawadah, S. (2017). "Beut Ba'da Maghrib" Suatu Pembiiasaan Bagi Anak-Anak Belajar Al- Qur'an. Takammul: Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak, 95-107. Media Publisher.

Meleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005. Sartina, D., Rusdi, A., & Nurlaila, N. (2020). Analisis Implementasi Kegiatan Pemberantasan

Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(2), 99-110.

Siyoto, S. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian - Google Books.

Sukamdinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Syaikh Manna Al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005), h. 16.

Trisnawati, N. (2017). Implementasi Membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqra di Raudhatulathfal Cut Mutia Desa Dagang Kelambir Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Medan.

Zakky, “Pengertian Implementasi menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum” Agustus 27,

https://www.zonareferensi.com/pengertianimplementasi/html.

Downloads

Published

2022-12-11

Issue

Section

Articles