Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Understanding by Design Pada Pembelajaran PAI SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah

Authors

  • Windya Wati SMPN 11 Bengkulu Tengah

Keywords:

Desain Pembelajaran, Understanding by Design, Persepsi

Abstract

Tugas penting guru selain sebagai pendidik, berkaitan dengan kurikulum bahwa pendidik juga sebagai perancang. Untuk itu, pendidik harus sudah memiliki rancangan atau design dalam proses pembelajaran salah satu pendekatannya dengan understanding by design. untuk mengetahui mengenai respon peserta didik terhadap pengembangan rancangan pembelajaran dengan pendekatan understanding by design pada materi hadas dan najis pada pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas 7A SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Sampel yang akan diteliti dan menjadi responden adalah kelas 7A yang terdiri dari 23 orang peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket tertutup yang berisikan pertanyaan dan pernyataan mengenai efektifitas pengembangan rancangan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan 83% - 89% peserta didik memiliki persepsi bahwa pendekatan understanding by design sudah efektif, meningkatkan motivasi dan aktivitas mereka selama pembelajaran dari tiga indikator yang diukur. Jadi, pendekatan ini bisa direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

References

Alfiyah. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Understanding by Design di sekolah alam depok terhadap kesadaran mentadabburi ayat-ayat al-qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 19-28.

Almaseid, T.F. (2017). The Impact of Using Understanding by Design (UbD) Model on 8th-Grade Student’s Achievement in Science. European Scientific Journal, 13(4), 301-315. DOI: http://dx.doi.org/10.19044/esj.2017.v13n4p301.

Arifin, M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristinawati. (2014). Efektifitas Pendekatan Understanding By Design Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Dan Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Tersebut Di Smp Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Dengan Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang. Skripsi : Universitas Sanata Dharma.

Narulita. (2014). Efektivitas Penerapan Pendekatan Understanding By Design Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Dan Pelaksanaannya Di Smp Stella Duce 2 Yogyakarta Dengan Pokok Bahasan Bunyi. Skripsi: Universitas Sanata Dharma.

Pertiwi S., Sudjito, D.N., & Rondonuwu, F.S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD). Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p1-7.

Setyanto, J.R., Sudjito, D.N., & Rondonuwu FS. (2018) The Use of Understanding by Design in Designing the Physics Lesson Plan About Newton’s Second Law. Journal of Science and Science Education, 2(2): 69-80. Available from: https://ejournal.uksw.edu/josse/article/view/ 1936.

Sulistiono. (2015). Metode Understanding by Design sebagai satu metode pembelajaran alternative dalam upaya meningkatkan higher – order thinking skills (HOTS) peserta didik: sebuah kajian teoritis. Prosiding, seminar nasional pendidikan transormatif dan tantangan Masa depan bangsa, 48-57

Suparno, Paul. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta : Penerbit USD.

Wiggins, Grant., & McTighe Jay. (2005). Understanding by Design. US : Penerbit Pearson.

Downloads

Published

2022-12-11

Issue

Section

Articles