Meningkatakn Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah (Studi Di SD Negeri 53 Lebong)

Authors

  • Erdianti SD Negeri 53 Lebong

Keywords:

Gerakan Literasi, Minat Baca

Abstract

Gerakan literasi sekolah (GLS) adalah program yang ditujukan untuk meningkatakn kemampuan literasi siswa, program ini dilakukan didasrkan pada Sembilan agenda prioritas dan dilakukan dengan membiasakan membaca dan menulis. Dalam undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5 yang menjelaskan mengenai pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung bagi seluruh masyarakat. Dalam hal ini kementrian pendidkan dan kebudayaan menjelasakn bahwa GLS merupakan gerkan sosial yang secara kolaboratif memberikan dukungan ke berbagai elemen. Dala penerapan GLS tentu akan melibatkan banyak pihak disekolah seperti kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana hasil dari perenarap gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca terhadap para siswa. Beradarkan penelitian yang telah dilaksanakan saran yang bisa disampaikan penulis adalah dalam pelaksaanan gerakan literasi di sekolah hendaknya sekolah mampu melibatkan banyak orang termasuk orangtua dalam meningkatakan minat baca karena selain adanya program yang diaksanakan oleh pihak sekolah tentunya harus diperoleh dukungan juga oleh orang tua karena orang tua adalah orang yang paling banyak berinteraksi serta berkomunikasi dengan anak-anak.

References

Anwar, Mokhamad Zainal, Nur Kafid, and Khasan Ubaidillah. 2021. “Literasi Islam Santun Dan Toleran: Pendampingan Terhadap Kelompok Muslim Milenial Untuk Mencegah Arus Radikalisme-Ekstrim Di Soloraya.” Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):233–49. doi: 10.29062/engagement.v5i1.319.

Arwansyah, Yanuar Bagas, and Urip Muhayat Wiji Wahyudi. 2019. “Peningkatkan Kompetensi Literasi Antiradikalisme Melalui Penulisan Cerita Rakyat Dengan Aplikasi Baboo.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua 4(2):33–38. doi: 10.21107/metalingua.v4i2.6134.

Fauziyah, Nur Laily, and Aldian Syah. 2022. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” 503–18. doi: 10.30868/ei.v11i01.2092.

Joyo, Aceng. 2018. “Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter.” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP) 1(2):159–70. doi: 10.31539/kibasp.v1i2.193.

Khusna, Syafa’atul, Lailatul Mufridah, Ni’matu Sakinah, and Aan Fadia Annur. 2022. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2(2):101–12. doi: 10.35878/guru.v2i2.454.

Salam, Evelina Satriya, Program Studi, Pendidikan Guru, and Madrasah Ibtidaiyah. n.d. “Membangun Budaya Literasi Melalui Mata Kuliah Bahasa Indonesia Sebagai Media Revolusi Mental Generasi Produktif.” 158–70.

Sekolah, Literasi. 2019. “Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” 106–13.

Sudigdo, Anang, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Sekolah Dasar, and Yang Maha Esa. 2017. “Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan.” 2015:24–30.

Teguh, Mulyo. 2013. “Gerakan Literasi Sekolah Dasar.” 18–26.

Yunianika, Ika Tri, and . Suratinah. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(4):507. doi: 10.23887/jisd.v3i4.17331.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles