Peningkatan Kemampuan Menghafal Alquran Melalui Metode Kauny Quantum Memory di Yayasan Sulifah Islamic Education Lubuk Linggau (Studi Living Quran)

Authors

  • Dita Sintia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Hardivizon Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Nurma Yunita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Keywords:

metode kauny quantum memory; menghafal Al quran; living quran.

Abstract

Menghafal al quran bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan oleh anak anak usia dini, perlu adanya metode yang menyenangkan agar anak anak selalu bersemangat dalam menghafal al quran.salah satu metode yang dianjurkan untuk memudahkan hafalan ialah metode kauny quatum memory. Kauny Quantum Memory adalah metode pembelajaran  hafalan alquran. Metode ini meletakkan arti pada potongan ayat tersebut, lalu menghafalnya dengan menggunakan gerakan tangan sehingga anak-anak yang mengahafal Alquran mengunakan metode ini tidak bosan dan mudah mengingatnya. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui implementasi terhadap metode kauny quantum memory dalam menghafal al quran. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif  deksriptif melalui pendekatan living quran. Living Quran merupakan kajian atau penelitian ilmiah tentang berbagai peristiwa sosial terkait kehadiran Alquran atau keberadaan Alquran di sebuah kalangan muslim tertentu. Hasil dari penelitian ini ialah penerapan kauny quantum memory  merupakan metode yang baik dan efektif untuk menghafal al quran terutama untuk anak usia dini dengan mengeja ayat per ayat dengan benar dari mahorijul huruf samapi ke tajwidnya kemudian dilanjutkan dengan arti menggunakan gerakan tubuh.

References

Ahsin W. Alhafidz, Bimbingan Praktik Menghafal Al-qur’an, (Jakarta: Bumi Aksara,2005)

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, (Bandung. Pt Remaja Rosdakarya. 2013).

Agus Zaenal Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2013),

Ahmad Suhendar, Implementasi Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Alquran Santri Mahad Askar Kauny Hanida Maryam, Bandar Lampung 2021,

Amalia, Kekurangan Metode Kauny Quantum Memory, Tahun 2016,

Bobby Herwibowo, Menghafal Alquran Semudah Tersenyum, (Sukoharjo:Cv.Farishma Indonesia, 2014),

Darusman, R. Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Jurnal, Vol 3 Tahun 2014,

Fadillah Ariyanti, S.E. Pimpinan Sulifah Islamic Education, Lubuk Linggau, Tahun 2022, Wawancara 13 April 2022

Hasbullah Syarif, Efektifitas Metode Kauny Quantum Memory Untuk Meningkatkan Prestasi Menghafal Al-Quran, Skripsi, (Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Program Studi Psikologi Uin Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016),

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pengertian metode,(Jakarta. 2001),

Liza Oktaria, Guru Tahfiz, Lubuk Linggau, Tahun 2022, Wawancara 14 April 2022

M. Mansyu dkk, Metodologi Penelitian Quran dan Hadis,….

Novi Solichah. “Pelatihan Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Minat Studi Lanjut Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 2 Pakis. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang. Tahun 2019

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta. Kalam Mulia. 2013).

Ruri Septia Ningsih,Penerapan Metode Kauny Quantum Memory Dalam Meningkat Hafalan Potongan Ayat Alquran Pada Materi Pelajaran Fiqh Kelas XI MA Al-Fatah Palembang, Jurnal Pai Raden Fatah Vol.1 No 2,2019.

Shofiatul Muhtaromah, Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory Terhadap Kemempuan Menghafal Al-Qur’an, Skripsi,(Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Iain Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2016)

Syaiful Bahri Djmarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, Tahun 2013).

Downloads

Published

2022-09-21

Issue

Section

Articles