Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif dalam Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Partisipasi dan Pemahaman Siswa

Authors

  • lilis sumarni MIN 1 Sarolangun

Keywords:

Metode Pembelajaran Interaktif 1; PAI 2; Pemahaman Siswa 3;

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang pengembangan metode pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan tujuan meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Metode pembelajaran yang telah dikembangkan mengintegrasikan teknologi, interaksi aktif, dan pendekatan yang menarik untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan partisipan berjumlah siswa dari kelas PAI di sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI dan juga membantu dalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Hal ini diindikasikan oleh peningkatan skor rata-rata pada ujian dan peningkatan tingkat partisipasi siswa dalam diskusi kelas. Kata kunci: Pengembangan, metode pembelajaran interaktif, PAI, partisipasi siswa, pemahaman siswa.

References

AHMAD, A. “KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MTS. PUTRI TUNGGAL DESA MULADIMENG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN ….” repository.iainpalopo.ac.id, 2014. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1791/1/Ahmad.pdf.

Angdreani, Vebri, Idi Warsah, and Asri Karolina. “Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong.” Jurnal Iain Bengkulu 19, no. 1 (2020): 1–21.

Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Chrismawati, Mirna, Ika Septiana, and Elis Dwi Purbiyanti. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar Mirna.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 1928–2934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/695.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Lestari, S. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

Oka, A M, S Sit, I MT, M C Risdianto, S P Masito, and ... APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN ABAD 21. repository.poltekbangplg.ac.id, 2021. http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/44/.

Partono, P, H N Wardhani, N I Setyowati, and ... “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu …, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Ying, S S Yi, and M Lit. PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN INTERAKTIF ABAD 21 UNTUK KELAS 6 SD. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=XaZXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pembelajaran+abad+21&ots=hWWcDr5cW7&sig=h8JihMSRUj1MvyKNvakGfQ_tvrw.

AHMAD, A. “KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MTS. PUTRI TUNGGAL DESA MULADIMENG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN ….” repository.iainpalopo.ac.id, 2014. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1791/1/Ahmad.pdf.

Angdreani, Vebri, Idi Warsah, and Asri Karolina. “Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong.” Jurnal Iain Bengkulu 19, no. 1 (2020): 1–21.

Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Chrismawati, Mirna, Ika Septiana, and Elis Dwi Purbiyanti. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar Mirna.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 1928–2934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/695.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

Lestari, S. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

Oka, A M, S Sit, I MT, M C Risdianto, S P Masito, and ... APLIKASI UNTUK PEMBELAJARAN ABAD 21. repository.poltekbangplg.ac.id, 2021. http://repository.poltekbangplg.ac.id/id/eprint/44/.

Partono, P, H N Wardhani, N I Setyowati, and ... “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu …, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/35810.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Ying, S S Yi, and M Lit. PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN INTERAKTIF ABAD 21 UNTUK KELAS 6 SD. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=XaZXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pembelajaran+abad+21&ots=hWWcDr5cW7&sig=h8JihMSRUj1MvyKNvakGfQ_tvrw.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles