Penerapan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • eti susanti SMAN 4 Seluma

Keywords:

Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar, Strategi Pembelajaran.

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan dampaknya terhadap peningkatan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa. Metode Cooperative Learning merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan interaksi aktif antara siswa dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang menerapkan metode Cooperative Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui instrumen penilaian keterampilan sosial dan prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan metode Cooperative Learning mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan sosial dan prestasi belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa.

References

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Fuad, A. Jauhar. “Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Paham Radikal Di Sekolah.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 9, no. Series 2 (2018): 561–71. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/159.

Juniarti, E, N Ahyani, and A Ardiansyah. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru.” Journal of Education Research, 2020. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/21.

Nuraini, I. “UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ANNAJAH ….” Repository.Uinjkt.Ac.Id, n.d. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66475.

Nurdin, Erdawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Level Kemampuan Matematis” 4, no. 1 (2016).

SYARIFUDDIN, MUHAMMAD, and MEINI SONDANG SUMBAWATI. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Tutorial Website Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas XI RPL SMK Krian 1.” It-Edu 3, no. 02 (2019).

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles