PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 JATI BARU KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • SUBAGIYANI SUBAGIYANI PPG PAI

Keywords:

Discovery Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas yang penulis lakukan adalah untuk memperkenalkan penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning  apakah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Adapun pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan pendekatan saintific. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap pertemuan dua jam pelajaran. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi Pra Siklus, hasil siklus I, hasil siklus II dan hasil siklus III. Pada kondisi awal ketuntasan belajar 41.17%. Pada siklus I nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi 53,83%, pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 67.67% dan pada siklus 3 ketuntasan belajar menjadi 91.16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan  materi pembelajaran PAI.     

References

destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.

Firdausi, Bilqis Waritsa, Yoyok Yermiandhoko, and Universitas Negeri Surabaya. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 2 (2021): 229–43.

Iwan, Sugiarto. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D,. Bandung: Alfabeta, 2017.

Khoiriyah, B K, and M Murni. “Peran Teori" Discovery Learning" Jerome Bruner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Thawalib, 2021. https://www.neliti.com/publications/358620/peran-teori-discovery-learning-jerome-bruner-dalam-pembelajaran-pendidikan-agama.

Lutfiadi, L, and I Zawawi. “MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C’S ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING.” DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 2022. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3711.

Sulfemi, W B. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila …, 2019. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles