Peningkatan Prestasi Belajar Pai Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Rejang Lebong

Berwudhu,Prestasi belajar, Metode demontrasi

Authors

  • Festi Festi Tri Aryanti SMPN 3 Rejang Lebong

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi wudhu pada siswa kelas VII SMP N 3 Rejang Lebong Tahun 2022. Metode demonstrasi dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi yang sedang dipelajari sehingga proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam. Dilaksanakan dalam tiga siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator  keberhasilan 75% dengan KKM sebesar 75. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Teknik analisis data dengan mengetahui nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar pada siklus I sebesar 44%, siklus II sebesar 56% dan pada siklus III sebesar 81% untuk materi rukun wudhu dan sebesar 87,5% untuk materi sunah wudhu. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 12%, pada siklus II ke siklus III dengan materi rukun wudhu sebesar 25% dan pada materi sunah wudhu sebesar 31,5%. Berdasarkan hasil ini disarankan bahwa  guru hendaknya dapat menggunakan dan menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan diharapkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Berwudhu, Metode demontrasi, Prestasi belajar

References

A.M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo., 2010

Abd.Rozak, dkk, Kompilasi Undang-Undang dan Peraturan Bidang Pendidikan, Jakarta: FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.

Abdurahman,Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta,1999.

Ali, M, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa Bawani,1999.

Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

DepDikBud,Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka Drajat,1993.

Hudoyo,Strategi Belajar Mengajar. Malang : IKIP Malang,1990.

Imam,Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1993.

Ritonga, Rahman., dan Zainudin, Fiqih Ibadah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada , 2007.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Sriyono, dkk,Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta,1992.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset,1989.

Sumarni, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta, 1989.

Syah, Muhaibin, Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta, 1995.

Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.

Downloads

Published

2023-08-15

Issue

Section

Articles