PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI MENTORING AKHLAK PESERTA DIDIK SMPN 3 REJANG LEBONG PADA TAHUN AJARAN 2022/2023

PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI MENTORING AKHLAK PESERTA DIDIK SMPN 3 REJANG LEBONG PADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • nairi jamilah,AS smpn 3 Rejang lebong

Abstract

Abstrak

Pergaulan bebas yang belakangan ini marak terjadi di lingkungan remaja membuat kita sebagai orang dewasa prihatin. Perlunya membekali anak dengan ilmu agama agar bisa menjadi benteng dalam pergaulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP. Secara khusus untuk mengetahui pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama dengan mentoring sistem dimana akan mengajak peserta didik berperilaku baik selama di sekolah.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, bidang kepeserta didikan dan tiga orang peserta didik perwakilan dari kelas VII, VIII dan IX. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan conclusion atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah berperan aktif dalam membina akhlak peserta didik di SMP. Hal ini terlihat dari usaha-usaha yang dilakukan guru terutama guru Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan secara intensif setiap hari dan setiap minggunya, seperti pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjamaah, tahfizh Qur’an, muhadhoroh, keputrian, pengajian pagi serta kegiatan peduli yatim dan dhuafa. Akhlak peserta didik di SMP dikategorikan cukup baik.

 

Kata kunci : akhlak, peran pendidikan agama islam, mentoring akhlak

References

Anitah, Sri, W. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hambali, Julius, dkk. 1993. Pendidikan Matematika 1. Jakarta : Universitas Terbuka.

Heny K, Nur Akhsin, dan Thoyibah H. 2004. Matematika Kelas 5 Sekilah Dasar. Klaten : Cempaka Putih

Nasution, Noehi. 1994. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

,11Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Ruseffendi, dkk. 1994. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Universitas Terbuka.

,4,8Santosa, Puji. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Setiawan, Denny. 2006. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

,7Wardhani, IGAK. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-08-15

Issue

Section

Articles