Pemanfaatan Video Dan Audio Youtube dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 98 Rejang Lebong

Studi Kasus SD Negeri 98 Rejang Lebong

Authors

  • NGATEMI EMI SDN 98 REJANG LEBONG

Keywords:

Motivasi, kemandirian, kedisplinan, menghafal, dan mendengar audio

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bukan hanya melalui Buku cetak atau LKS saja Melainkan Juga dengan metode lainnya seperti. Platform YouTube pun menjadi piihan dan dimanfaatkan sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI bagi siswa sekolah dasar. Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa mengenai pemanfaatan Youtube dalam pembelajaran  PAI . Pendekatan penelitian ini adalah qualitative research dengan metode survey. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas V di SDN 98 Rejang Lebong . Pengumpulan data menggunakan angket berskala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap setiap pernyataan pada setiap aspek angket yang diberikan. Pemanfaatan YouTube secara efektif bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran, dan terbukti guru PAI dapat mengelola untuk memfasilitasi siswa belajar. Dengan pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran PAI, siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat meningkatkan motivasi, kemandirian, kedisiplinan dan lebih giat mengikuti pembelajaran.

References

Ahmad Hasyim Fauzan, “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran”, Ar-Risalah, Vol. 8, No. 1 (April 2015), 27.

Anwar, Chairul, Antomi Saregar, Uswatun Hasanah, And Widayanti Widayanti. 2018. “The Effectiveness Of Islamic Religious Education In The Universities: The Effects On The Students’ Characters In The Era Of Industry 4.0.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3(1): 77.

Arif S Sadiman, dkk, Media pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008. 27. Arsyad, A. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2002.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011.

Burke & Snyder. YouTube: An Innovative Learning Resource for College Health Education Courses. International Electronic Journal of Health Education. 2008. 11:39-46

Das, Suman Kumar. 2016. “Design And Methodology Of Line Follower Automated Guided Vehicle-A Review.” 2(10): 9–13.

Guntur Cahyono, “Pemanfaatan Media YouTube Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Pengembangan Materi Fikih Madrasah Ibtidaiyah”, At-Tarbawi, Vol. 4, No.1 (Januari-Juni, 2019), 67.

Husamah, Pembelajaran Bauran (Blended Learning, (Malang: Prestasi Pustaka,2014

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles