Inklusi dan Diversitas dalam Pendidikan Agama Islam Abad ke-21: Studi Kasus tentang Integrasi Kelompok Minoritas

Authors

  • Anggeta Puspita Sari iain curup

Keywords:

Diversitas 1; Inklusi 2; Pendidikan Agama Islam 3.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak integrasi kelompok minoritas dalam pembelajaran agama Islam pada abad ke-21. Latar belakang penelitian mencerminkan kompleksitas tantangan dan peluang dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif di konteks agama Islam. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi pengaruh integrasi kelompok minoritas terhadap pemahaman agama dan harmoni sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan literature review dengan analisis dan sintesis literatur terkait inklusi dan diversitas dalam pendidikan agama Islam. Temuan literatur menunjukkan bahwa integrasi kelompok minoritas memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan identitas positif dan memperkaya pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama. Meskipun demikian, tantangan seperti resistensi dan kebutuhan akan pengembangan keterampilan pengajar perlu diatasi. Hasil penelitian ini memberikan landasan bagi pendekatan pendidikan agama Islam yang inklusif, mendukung keberagaman dan harmoni sosial. Kesimpulan penelitian menegaskan urgensi inklusi dan diversitas sebagai prinsip dasar dalam pendidikan agama Islam abad ke-21 untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan menghargai keberagaman. Implikasi praktisnya mencakup perlunya pelatihan bagi pengajar dan perluasan kesadaran masyarakat terhadap manfaat inklusi dalam pembelajaran agama Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman dan pengembangan praksis pendidikan agama Islam yang responsif terhadap keberagaman umat manusia.

References

Eka, Mevy, Nurhalizah Uin, and Sunan Ampel Surabaya. “PROSES INTEGRASI DAN STRATEGI KOMUNIAKSI KELOMPOK MINORITAS PENGHAYAT KEPRIBADEN DALAM KULTUR DISKRIMINASIF DI DESA CANDIPARI, SIDOARJO.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 20, no. 1 (July 1, 2020): 18–41. https://doi.org/10.21274/DINAMIKA.2020.20.1.18-41.

Kadir, Abd, Dosen Pai, Ftk Uin, and Sunan Ampel Surabaya. “PENYELENGGARAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3, no. 1 (February 7, 2015): 1–22. https://doi.org/10.15642/JPAI.2015.3.1.1-22.

Keragaman Budaya dan Multikulturalisme Bhineka Tunggal Ika Sugeng, Rekognisi, LG Saraswati, and Abby Gina Boang Manalu. “Rekognisi Keragaman Budaya Dan Multikulturalisme Bhineka Tunggal Ika.” KRTHA BHAYANGKARA 17, no. 2 (August 18, 2023): 273–96. https://doi.org/10.31599/KRTHA.V17I2.2180.

Larassati, Minten Ayu. “PENDEKATAN INKLUSIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science 2, no. 1 (July 10, 2020): 64–67. https://doi.org/10.36761/KAGANGAKOMUNIKA.V2I1.628.

Warsah, Idi, Mirzon Daheri, and Ruly Morganna. "Mengokohkan Moderasi Beragama Belajar dari Harmoni Masyarakat Multiagama." (2023).

Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (July 31, 2021): 42–51. https://doi.org/10.36339/JMAS.V2I1.427.

Robith Alhasany UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Mohammad. “Peran Pemuda Dalam Penanaman Nilai-Nilai Islam Inklusif Pada Siswa Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Kabupaten Jember.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 2 (May 31, 2022): 273–302. https://doi.org/10.14421/NJPI.2022.V2I2-5.

Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif, Islam, and Putri Irma Solikhah. “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (November 29, 2021): 2021. https://doi.org/10.18860/JPAI.V7I2.13286.

Suradi, Ahmad. “PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PELESTARIAN KEBUDAYAAN LOKAL NUSANTARA DI ERA GLOBALISASI.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 5, no. 1 (July 4, 2018): 111–30. https://doi.org/10.21580/WA.V5I1.2566.

Triandini, E, S Jayanatha, A Indrawan, G W Putra, B Iswara, Program Studi, Sistem Informasi, Stikom Bali, Jl Raya, and Puputan No. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (February 23, 2019): 63–77. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I2.1916.

Wiwitan, Sunda, Di Cimahi, Jawa Barat, Aspek Ontologi, Kosmologi Dalam, Ajaran Tasawuf, Martabat Tujuh, et al. “Modal Sosial Sebagai Benih Perdamaian: Interaksi Kolaboratif Penduduk Muslim Dan Penganut Sunda Wiwitan Di Cimahi, Jawa Barat.” ISLAM NUSANTARA:Journal for the Study of Islamic History and Culture 4, no. 2 (October 6, 2023): 43–62. https://doi.org/10.47776/ISLAMNUSANTARA.V4I2.701.

Yonado, Welling, Irawan Hadi Wiranata, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, and Universitas Nusantara PGRI Kediri. “Umat Hindu Diwilayah Jawa Sebagai Kelompok Minoritas Dalam Mewujudkan Integrasi Nasional.” Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3, no. 1 (February 22, 2022): 8–14. https://doi.org/10.31002/KALACAKRA.V3I1.4616.

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles