Pembelajaran Agama Islam dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa
Keywords:
Agama Islam 1; Era Digital 2; Pemahaman Siswa 3.Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam pembelajaran Agama Islam dalam era digital dengan fokus pada pemahaman siswa. Era di mana teknologi informasi dan komunikasi mendominasi kehidupan sehari-hari telah membawa dampak signifikan pada pendidikan agama Islam. Tantangan utama adalah dampak negatif yang dapat muncul dari akses mudah ke informasi yang salah atau radikal melalui teknologi digital. Di sisi lain, penggunaan platform digital dapat memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih baik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi digital pada pemahaman siswa tentang ajaran agama Islam, serta mengidentifikasi solusi dan peluang untuk memaksimalkan manfaat dari teknologi digital dalam konteks pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan adalah literature review yang mencakup berbagai sumber literatur, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan sumber-sumber online yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh pendidikan agama Islam dalam era digital, tetapi juga potensi besar yang dapat dimanfaatkan dengan pendekatan yang tepat. Penelitian ini merumuskan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, termasuk penelitian empiris lebih lanjut mengenai dampak teknologi digital pada pemahaman siswa dan pengembangan metode pembelajaran yang efektif dalam menghadapi tantangan ini. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan rekomendasi yang berguna untuk pengembangan pendidikan agama Islam dalam era digital
References
Afif, Nur. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (January 1, 2019): 117–29. https://doi.org/10.37542/IQ.V2I01.28.
Baso, Muhammad Barto Maulana Irsyad, Apriana Suryani, and Amelia depitka Rahmawati. “PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN BERBASIS TEKNOLOGI.” Islamic Education 1, no. 3 (October 27, 2023): 499–505. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/598.
Daheri, Mirzon, et al. "Implemented Environmentally Sound Islamic Religious Education In High Schools." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6.2 (2022): 3166-3170.
Daheri, Mirzon, et al. "Transformasi Substansi Manajerial Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Finlandia?." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.11 (2022): 5114-5121.
Daheri, Mirzon. "Pembaruan Pendidikan Islam dalam Era Society 5.0." JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 22.2 (2023): 332-347.
Mansir, Firman. “Diskursus Sains Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah Era Digital.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 3, no. 2 (May 4, 2020): 144–57. https://doi.org/10.37329/KAMAYA.V3I2.437.
Muthoharoh, Miftakhul. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Di Era Digital 4.0.” Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 11, no. 1 (July 16, 2020): 57–66. https://doi.org/10.53915/JURNALKEISLAMANDANPENDIDIKAN.V11I1.34.
Purwoko, Oki Edi, and Wahyu Budiantoro. “Dakwah Di Era Digital.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 11, no. 2 (April 13, 2017): 263–81. https://doi.org/10.24090/KOMUNIKA.V11I2.1369.
Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (July 31, 2021): 42–51. https://doi.org/10.36339/JMAS.V2I1.427.
Rifa’, Ahmad, Asn Kemenag, Jakarta Pusat, and Ifham Choli. “RELEVANSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA DI ERA DIGITAL 4.0.” El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah 4, no. 01 (September 29, 2020): 59–76. https://doi.org/10.34005/ELARBAH.V4I01.1071.
Sofiah, Rodatus, Rodatus Sofiah, Suhartono Suhartono, and Ratna Hidayah. “ANALISIS KARAKTERISTIK SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN: SEBUAH STUDI LITERATUR.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7, no. 1 (May 30, 2020). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611.
Sunan, Uin, and Kalijaga Yogyakarta. “Peran Massive Open Online Courses Dalam Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (March 4, 2021): 28–44. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.3451.
Tang Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqan Makassar Muhammadtang, Muhammad. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 7, no. 1 (July 29, 2018): 717–40. https://doi.org/10.32806/JF.V7I1.3173.
Teknologi Informasi dalam Peningkatan, Pemanfaatan, and Muhammad Aji Nugroho. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6, no. 1 (December 31, 2014): 30–60. https://doi.org/10.18326/MDR.V6I1.30-60.
Triandini, E, S Jayanatha, A Indrawan, G W Putra, B Iswara, Program Studi, Sistem Informasi, Stikom Bali, Jl Raya, and Puputan No. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (February 23, 2019): 63–77. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I2.1916.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ansori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.