Moderasi Agama dan Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Pemahaman Terhadap Hak Asasi Manusia
Keywords:
1; Agama Islam 2; Moderasi Agama 3; Hak Asasi Manusia (HAM)Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara agama Islam, moderasi agama, pendidikan agama Islam, dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam masyarakat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pemahaman terhadap HAM dalam konteks agama Islam dapat ditingkatkan dan dipromosikan melalui moderasi agama dan pendidikan agama Islam. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman HAM dalam ajaran agama Islam, dengan menyoroti prinsip-prinsip kemanusiaan, keadilan, dan perlindungan hak-hak individu yang terkandung dalam Islam. Moderasi agama dianggap sebagai pendekatan yang mendukung toleransi, dialog antaragama, dan penghargaan terhadap perbedaan, yang dapat membantu membentuk pemahaman yang lebih mendalam tentang HAM dalam masyarakat Islam. Pendidikan agama Islam memiliki peran sentral dalam membentuk pandangan individu terhadap HAM. Ini adalah sarana utama untuk mengajarkan prinsip-prinsip Islam yang relevan dengan HAM. Namun, tantangan kontemporer, seperti hak-hak perempuan, kebebasan beragama, dan isu-isu keadilan sosial dan ekonomi, memerlukan pendekatan pendidikan yang seimbang yang menekankan prinsip-prinsip kesetaraan gender, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan. Dampak globalisasi dan teknologi informasi juga diperhatikan dalam penelitian ini. Globalisasi dan teknologi informasi memengaruhi cara individu mengakses informasi dan berkomunikasi, yang dapat memengaruhi pemahaman HAM dalam masyarakat Muslim. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pendidikan yang mengajarkan kemampuan kritis untuk menghadapi informasi yang ditemukan secara daring. Kerjasama dengan lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga ditemukan sebagai faktor penting dalam mempromosikan pemahaman HAM dalam masyarakat Muslim. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa dengan integrasi yang baik antara agama Islam, moderasi agama, pendidikan agama, dan HAM, masyarakat Islam dapat mempromosikan pemahaman HAM yang lebih mendalam dan menciptakan masyarakat yang lebih adil, harmonis, dan menghormati hak asasi manusia. Penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk perubahan positif dalam pemahaman HAM dalam konteks agama Islam.
References
Afandi, Afandi, and Muksin Muksin. “HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” AL - IBRAH 7, no. 1 (June 30, 2022): 78–94. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/189.
Annum, Latifa, Dalimunthe Iain, and Palangka Raya. “Kajian Proses Islamisasi Di Indonesia (Studi Pustaka).” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 12, no. 1 (March 20, 2016): 115–25. https://doi.org/10.23971/JSAM.V12I1.467.
Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, Universitas Islam, and Negeri Bandung. “IMPLEMENTATION OF VALUES OF RELIGIOUS MODERATION IN PAI LEARNING.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (June 26, 2021): 114–24. https://doi.org/10.51729/6120.
Dalam Pendidikan, Implementasi, Agama dan Budaya Lokal, Arhanuddin Salim, Wawan Hermawan, Rosdalina Bukido, Mardan Umar, Nuraliah Ali, et al. “Moderasi Beragama: Implementasi Dalam Pendidikan, Agama Dan Budaya Lokal,” 2023. https://philpapers.org/rec/ISMMBI.
Destriani, Destriani. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA MENUJU SOCIETY ERA 5.0.” INCARE, International Journal of Educational Resources 2, no. 6 (April 28, 2022): 647–64. https://doi.org/10.59689/INCARE.V2I6.356.
Harmi, Hendra. “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7, no. 2 (June 1, 2022): 228. https://doi.org/10.29210/30031757000.
Hasanah, Uswatun Hasanah Uswatun, and Ida Faridatul Hasanah Ida Faridatul Hasanah. “Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal.” Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 12, no. 1 (March 16, 2021): 32–50. https://doi.org/10.53915/JURNALKEISLAMANDANPENDIDIKAN.V12I1.45.
Hazin, Mufarrihul, Nur Wedia Devi Rahmawati, dan Muwafiqus Shobri, Stai Ma, had Aly Al-Hikam, Uin Syarif Hidayatullah, and Stai Hasan Jufri Bawean. “HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN MAQASHID AL-SYARI’AH.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (June 25, 2021): 101–14. https://doi.org/10.37348/CENDEKIA.V7I1.123.
Hermawan, Ajib. “NILAI MODERASI ISLAM DAN INTERNALISASINYA DI SEKOLAH.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25, no. 1 (June 15, 2020): 31–43. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V25I1.3365.
Ikhwan, M., Azhar, Dedi Wahyudi, and Afif Alfiyanto. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Di Indonesia.” Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 21, no. 1 (June 10, 2023): 1–15. https://doi.org/10.30762/REALITA.V21I1.148.
Khakim, Abdul, and Abdul Khakim. “HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (April 9, 2018): 371–81. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.84.
Korespondensi, Penulis, and Ahmad Shofyan. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (December 31, 2022): 126-140–126 – 140. https://doi.org/10.61094/ARRUSYD.2830-2281.24.
Nashuddin, Nashuddin. “Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Merevitalisasi Pemahaman Moderasi Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia.” Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram 9, no. 1 (June 30, 2020): 33–52. https://doi.org/10.20414/SCHEMATA.V9I1.2159.
Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya).” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 1 (January 24, 2020): 22–33. https://doi.org/10.24246/J.JS.2020.V10.I1.P22-33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desy Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.