Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa

Authors

  • latifah IAIN Curup

Keywords:

Kata Kunci: Peran Guru, Kesadaran, Sosial, Keywords: Teacher's Role, Awareness, Social

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas pentingnya peran guru agama dalam membantu mengembangkan kesadaran sosial pada siswa. Kesadaran sosial adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan empati terhadap masalah sosial, keadilan, dan tanggung jawab terhadap masyarakat. Guru agama memegang peran kunci dalam mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan keadilan dalam konteks agama kepada siswa. Penelitian ini mengeksplorasi metode-metode yang digunakan oleh guru agama untuk mengenalkan konsep kesadaran sosial kepada siswa, termasuk pengajaran nilai-nilai agama yang mendorong empati, kepedulian sosial, dan tindakan nyata dalam membantu masyarakat. Penelitian juga mengkaji dampak dari pendidikan agama terhadap perkembangan kesadaran sosial siswa, dengan fokus pada perubahan perilaku dan pandangan mereka terhadap isu-isu sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru agama memegang peran penting dalam membentuk kesadaran sosial siswa. Mereka mampu menginspirasi siswa untuk mengambil tindakan positif dalam masyarakat, serta membantu mereka memahami pentingnya keadilan sosial dan empati terhadap sesama. Oleh karena itu, peran guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk generasi yang peduli terhadap isu-isu sosial dan mampu berkontribusi secara positif dalam masyarakat

Abstract: This research discusses the important role of religious teachers in helping develop social awareness in students. Social awareness is the ability to understand and feel empathy for social problems, justice, and responsibility towards society. Religion teachers play a key role in teaching students moral values, ethics and justice in a religious context. This research explores the methods used by religious teachers to introduce the concept of social awareness to students, including teaching religious values ​​that encourage empathy, social concern, and real action in helping society. The research also examines the impact of religious education on the development of students' social awareness, with a focus on changes in their behavior and views on social issues. The results of this research indicate that religious teachers play an important role in forming students' social awareness. They are able to inspire students to take positive action in society, as well as help them understand the importance of social justice and empathy towards others. Therefore, the role of religious teachers in instilling social awareness in students has a significant impact in forming a generation that cares about social issues and is able to contribute positively to society.

 

References

Abdiel, Jurnal, : Khazanah, Pemikiran Teologi, Agama Kristen, Dan Musik Gereja, Vicky Taniady, and others, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7’, Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 6.1 (2022), 39–54.

Angdreani, Vebri, Idi Warsah, Asri Karolina, Jl DrAKGani, and Rejang Lebong, ‘Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong’, At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 19.1 (2020), 1–21.

Asdiqoh, Siti, ‘PERAN ORANG TUA DALAM PEMAHAMAN ETIKA SOSIAL ANAK’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5.2 (2018), 307.

Dwi Puspitasari, Yunia, and Wisda Miftakhul Ulum, ‘Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah’, Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6.2 (2020), 304–13.

Eddison, Ahmad, Hambali Hambali, and Hariyanti Hariyanti, ‘PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA GUNA MEMBANGUN KECERDASAN BERIDEOLOGI PADA GURU PPKn SMA/SMK KOTA DUMAI’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9.3 (2021), 993–1005.

Faiz, Aiman, Silmi Kapatan Inda Robby, Reza Noor Fadilla, and Politeknik Al Islam Bandung, ‘Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Orang Tua Siswa Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.6 (2021), 5853–58.

Guru, Peran, Pendidikan Pancasila, Dan Kewarganegaraan, Dalam Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, D I Sekolah, and others, ‘PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH’, EDUPEDIA, 6.1 (2022), 55–63.

Guru, Peranan, Pendidikan Agama Islam, Dalam Membentuk, Sikap Keagamaan, Pada Siswa, and Rafika Maherah, ‘Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada Siswa’, At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 19.1 (2020), 209–32.

Handoko, Suryawan Bagus, Sumanta Sumanta, and Karman Karman, ‘Konsep Pengembangan Sumber Belajar’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.6 (2022), 11275–86.

Istiani, Nurul, and Athoillah Islamy, ‘Efektifitas Efektifitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Storytelling Bagi Siswa Tingkat Menengah Atas’, Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6.2 (2020), 38–54.

Lilin, Tri, Natalia Zendrato1, and Persada Lase2, ‘Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1.1 (2022), 124–380>.

Maya, Rahendra, Moch Yasyakur, and Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020’, Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1.01 (2021), 95–104.

Nainggolan, Astina maya, Lukman Pardede, Monalisa Siahaan, and Dewi Lestari Pardede, ‘Peran Guru Ppkn Dalam Menanamkan Kesadaran Moral Siswa Kelas VII Di SMP Swasta Imelda Medan’, Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1.4 (2023), 34–50.

Nilai-Nilai Karakter berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas SD Lab Undiksha I Made Yasa, Penerapan VI, I Ketut Margi, Kata Kunci, Kearifan Lokal, Tri Hita Karana, and Pendidikan Karakter, ‘Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha’, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8.1 (2022), 1–10.

Pendidikan Multikultural dengan Program Al-Quran Di Pondok Pesantren Kampung Quran Sumedang Jabar, Integrasi, Mohamad Erihadiana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Uus Ruswandi, and Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, ‘Integrasi Pendidikan Multikultural Dengan Program Al-Quran Di Pondok Pesantren Kampung Quran Sumedang Jabar’, FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17.01 (2023), 1.

Pulungan, Yuliarni, Sma Negeri, and Bengkulu Tengah, ‘Peningkatan Kesadaran Beragama Melalui Peran Guru Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah’, GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3.4 (2023), 109–21.

Salouw, Joniel Hendrik, Suharno Suharno Suharno, and Rostin Talapessy, ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya)’, Jurnal Ketahanan Nasional, 26.3 (2020), 380–98.

Singal, Youke L, Sekolah Tinggi Teologi Moriah, and Susanti Embong Bulan Sekolah Tinggi Teologi Widya Agape, ‘Sumbangsih Pendidikan Israel Kuno Dalam Pendidikan Agama Kristen Pada Anak’, Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3.1 (2023), 61–75.

Siregar, Wiranto, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas Ix Di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan’, Journal of Mandalika Literature, 4.1 (2023), 295–312.

Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Sekolah Ibdalsyah, Media Di, And Deni Zaini Mukhlis, ‘Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8.02 (2019), 397–416.

Tarakan, Universitas Borneo, ‘No Title’, 2021, 60–69

Telaumbanua Dosen Program Studi Bimbingan Konseling Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nias Selatan Jln Pramuka Nari-nari Kel Pasar Telukdalam, Kaminudin, and Kec Telukdalam, ‘Efektivitas Layanan Informasi Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Smp Negeri 1 Telukdalam’, Jurnal Education And Development, 8.3 (2020), 256–256.

Wahid, Latiful, ‘Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa Di Sekolah Menengah’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6.2 (2023), 605–12.

Wiratsiwi, Wendri, and Sumadi Sumadi, ‘Efektifitas Pengenalan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SD Inklusi Melalui Game Interaktif’, Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16.1 (2022), 81–87

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles