Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa
Keywords:
1; Keterampilan Berpikir Kritis 2; Pendidikan Agama Islam 3; Pengembangan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Latar belakang penelitian mencerminkan kebutuhan mendesak untuk memahami dampak kontribusi Pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan siswa dalam menganalisis, menilai, dan merumuskan argumen secara kritis. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan siswa dari berbagai tingkat pendidikan untuk mengidentifikasi proses pembelajaran yang merangsang keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama Islam memainkan peran signifikan dalam merangsang siswa untuk melakukan refleksi mendalam terhadap nilai-nilai kehidupan, etika, dan keadilan. Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum umum juga terbukti memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan keterampilan berpikir kritis. Nilai-nilai keagamaan, khususnya keadilan, empati, dan toleransi, memiliki pengaruh positif pada kemampuan siswa untuk menganalisis permasalahan secara mendalam. Analisis data kuantitatif menunjukkan adanya hubungan positif antara keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan melalui Pendidikan Agama Islam dengan keberhasilan siswa dalam menghadapi tuntutan pendidikan kontemporer. Kesimpulan penelitian ini memberikan dasar yang kokoh bagi pemahaman tentang peran integral Pendidikan Agama Islam dalam membentuk individu yang berpikir kritis, serta memberikan saran untuk pengembangan metode pembelajaran dan kurikulum di masa depan.
References
Asfiyah, Siti. “Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti.” QUALITY 9, no. 1 (June 28, 2021): 103–20. https://doi.org/10.21043/QUALITY.V9I1.10136.
Cahaya, Cahaya. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 3, no. 2 (December 4, 2022): 1–20. https://doi.org/10.51672/JBPI.V3I2.97.
Keislaman, Jurnal Penelitian, and Muhammad Fahrurrozi. “Urgensi Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist.” JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN 17, no. 1 (June 28, 2021): 39–50. https://doi.org/10.20414/JPK.V17I1.3369.
Muflihin, Ahmad, and Toha Makhshun. “PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEBAGAI KECAKAPAN ABAD 21.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (May 9, 2020): 91–103. https://doi.org/10.30659/JPAI.3.1.91-103.
Nadhiroh, Syifaun, and Isa Anshori. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (June 30, 2023): 56–68. https://doi.org/10.53802/FITRAH.V4I1.292.
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Sman, Mata, Banjar Margo Tulang Bawang Pengaruh Media Al-Qur, an Tematik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Sman, Banjar Margo Tulang Bawang Dwi Istiqomah, and Agus Jatmiko. “Pengaruh Media Al-Qur’an Tematik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Sman 1 Banjar Margo Tulang Bawang.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no. 2 (April 12, 2023): 2656–5862. https://doi.org/10.58258/JIME.V9I2.5060.
Ridwan, Ahmad, Ahmad Ridwan, Abdurrohim Abdurrohim, and Taufik Mustofa. “PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PLAWAD 04.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (July 7, 2023): 276–83. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16711.
Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (July 31, 2021): 42–51. https://doi.org/10.36339/JMAS.V2I1.427.
Salamudin, Ceceng, and Elin Merliana Amelia. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 14 GARUT.” Masagi 1, no. 1 (June 20, 2022): 1–7. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol4issue1page42-56.
Sholihah, Marwah, Nurrohmatul Amaliyah, and Universitas Muhammadiyah Hamka. “PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (July 30, 2022): 898–905. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I3.2826.
Suardi, Adila, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, and Universitas IN Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jl Syech Nawawi Al-Bantani Kp Andamui Kel Sukawana Kec Curug Kota Serang Banten Sultan Maulana Hasanuddin Banten. “PROFESI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI.” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (June 30, 2018): 16–24. https://doi.org/10.32678/GENEOLOGI.
Yusuf, Muhammad, and Tasman Hamami. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik Dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (March 5, 2022): 3012–24. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2571.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lydia Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.