Membangun Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi dan Tantangan
Keywords:
1; Keterampilan Berpikir Kritis 2; Pendidikan Agama Islam 3; Strategi EfektifAbstract
Penelitian ini membahas pentingnya membangun keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran agama Islam dan mengeksplorasi strategi yang efektif serta tantangan yang dihadapi. Latar belakang penelitian merinci kecenderungan kurikulum agama Islam yang sering menekankan aspek pengetahuan tanpa memadai menggali keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi tertentu, termasuk metode dialog, studi kasus, dan pertanyaan terbuka, dalam membangun keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian melibatkan implementasi strategi ini dalam konteks pembelajaran agama Islam, dengan pengumpulan data melalui observasi kelas dan wawancara dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi-strategi tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, termanifestasi dalam kemampuan mereka menganalisis, menilai, dan merumuskan pemikiran yang kritis. Kesimpulan penelitian menegaskan urgensi integrasi keterampilan berpikir kritis dalam pendidikan agama Islam dan mengidentifikasi tantangan implementasi, termasuk resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya. Implikasi praktis penelitian ini mencakup perluasan pengembangan kurikulum yang berorientasi pada berpikir kritis dan pelatihan yang mendalam bagi para pengajar untuk mendukung transformasi positif dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini memberikan landasan untuk pembaharuan pendidikan agama Islam yang responsif dan relevan di era modern.
References
Fikri, Muslim, Elya Munfarida, Islam KH Negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia A Jl Yani No, and Purwokerto Utara. “Konstruksi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam: Analisis Tafsir Maudhu’i Berdasarkan Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8, no. 1 (June 30, 2023): 108–20. https://doi.org/10.25299/AL-THARIQAH.2023.VOL8(1).11469.
Firdausi, Bilqis Waritsa, Warsono Warsono, and Yoyok Yermiandhoko. “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 11, no. 2 (June 30, 2021): 229–43. https://doi.org/10.22373/JM.V11I2.8001.
Hamidah, Shofiyah, Shofiyah Hamidah, Nurhafiva Nurhafiva, Renzaidan Reizahran, and Abdul Fadhil. “ANALISIS BERPIKIR KRITIS DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (April 1, 2023): 203–13. https://doi.org/10.32478/piwulang.v5i2.1517.
Ilmu Pendidikan Nonformal, Jurnal, Muhammad Faza Fauzan, Lusty Aman Nadhir, Susi Kustanti, and Siti Kamilah. “Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif Kah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ?” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 3 (September 1, 2022): 1805–14. https://doi.org/10.37905/AKSARA.8.3.1805-1814.2022.
Irawan, M. Nur Lukman, Ahmad Yasir, Anita Anita, and Shohib Hasan. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (November 16, 2022): 4273–80. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.8887.
Kurikulum, Tantangan Pengembangan, Pendidikan Islam, Strategi Pengembangannya, Dalam Menghadapi, Tuntutan Kompetensi, Masa Depan, Abdurrahman Lalu, ; Wahid, and Tasman Hamami. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (December 31, 2021). https://doi.org/10.18860/JPAI.V8I1.15222.
Mursalin, Hisan. “TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA SOCIETY 5.0.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 001 (December 26, 2022): 216–28. https://doi.org/10.30868/EI.V11I4.3344.
Nadhiroh, Syifaun, and Isa Anshori. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 1 (June 30, 2023): 56–68. https://doi.org/10.53802/FITRAH.V4I1.292.
Salamudin, Ceceng, and Elin Merliana Amelia. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGEMBANGAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 14 GARUT.” Masagi 1, no. 1 (June 20, 2022): 1–7. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol4issue1page42-56.
Taraju, Ali Rahman, Nurdin Nurdin, and Adawiyah Pettalongi. “Tantangan Dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0 1, no. 1 (August 5, 2022): 311–16. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1090.
Triandini, E, S Jayanatha, A Indrawan, G W Putra, B Iswara, Program Studi, Sistem Informasi, Stikom Bali, Jl Raya, and Puputan No. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (February 23, 2019): 63–77. https://doi.org/10.24002/IJIS.V1I2.1916.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kiki Eka putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.