Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mendorong Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Merdeka Belajar
Keywords:
pembelajaran berbasis proyek; merdeka belajar; pendidikan agama islam, project-based learning; independent learning; islamic educationAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memodernisasi pendidikan Agama Islam dengan mengintegrasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dan konsep Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi potensi dan dampak dari integrasi kedua pendekatan ini terhadap kualitas pembelajaran Agama Islam. Melalui metode eksperimental, siswa dalam kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran dengan pendekatan PjBL dan konsep Merdeka Belajar, sementara kelompok kontrol tetap menggunakan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas siswa, partisipasi aktif, dan pemahaman konsep-konsep Agama Islam pada kelompok eksperimen. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam pembelajaran, dan proyek-proyek praktis mereka mencerminkan aplikasi nyata dari ajaran agama. Kesimpulannya, integrasi PjBL dengan konsep Merdeka Belajar mampu menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih responsif, kreatif, dan kontekstual dalam pendidikan Agama Islam, membuka potensi untuk perubahan positif dalam pengalaman belajar siswa.
This research is motivated by the need to modernize Islamic education by integrating Project-Based Learning (PjBL) and the concept of Independent Learning. The aim of this study is to explore the potential and impact of integrating these two approaches on the quality of Islamic education. Through an experimental method, students in the experimental group underwent learning with the PjBL approach and the Independent Learning concept, while the control group continued using conventional methods. The results of the analysis showed a significant improvement in students' creativity, active participation, and understanding of Islamic concepts in the experimental group. Students demonstrated a higher interest in learning, and their practical projects reflected real-world applications of religious teachings. In conclusion, integrating PjBL with the concept of Independent Learning can create a more responsive, creative, and contextual learning approach in Islamic education, opening the potential for positive changes in students' learning experiences
References
Alam, Ihda, Niswatun Aminah, Mohammad Ahyan, and Yusuf Sya’bani. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 6, no. 2 (September 1, 2023): 293–303. https://doi.org/10.32529/AL-ILMI.V6I2.2804.
Arofaturrohman, Yunita Azmil, Sumardi Sumardi, and Ahmad Muhibbin. “Evaluasi Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 (August 13, 2023): 10249–57. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I3.3369.
Arwitaningsih, Ria Putranti, Befika Fitriya Dewi, Eggi Mega Rahmawati, and Khuriyah Khuriyah. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 26, 2023): 450–68. https://doi.org/10.36835/MODELING.V10I2.1752.
Bachtiar, Bachtiar. “Pengintegrasian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Pedagogi Guru: Kajian Pustaka.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 2 (December 1, 2020): 132–46. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/3024.
Bahri, Rosidi. “Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Dalam Pendidikan Islam: Telaah Perspektif Al-Quran Dan Hadis.” Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (June 12, 2023): 1–10. https://doi.org/10.28944/FAKTA.V3I1.1190.
Daheri, Mirzon, et al. "Implemented Environmentally Sound Islamic Religious Education In High Schools." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6.2 (2022): 3166-3170.
Daheri, Mirzon, et al. "Transformasi Substansi Manajerial Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Finlandia?." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.11 (2022): 5114-5121.
Daheri, Mirzon. "Pembaruan Pendidikan Islam dalam Era Society 5.0." JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 22.2 (2023): 332-347.
Daswati, and Wahidah Fitriani. “Studi Analisis Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Kreativitas, Minat, Bakat, Dan Intelegensi.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 14, no. 1 (June 30, 2023): 67–82. https://doi.org/10.47766/ITQAN.V13I2.811.
Devadason, Evelyn Shyamala, Thirunaukarasu Subramaniam, and Esther Gnanamalar Sarojini Daniel. “Strategi Pengembangan Soft Skills Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Praya.” Asia Pacific Education Review 11, no. 3 (December 30, 2022): 321–48. https://doi.org/10.1007/S12564-010-9090-4.
Fadli, Failasuf. “PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTs AL-AMIN PEKALONGAN.” Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4, no. 1 (June 14, 2019): 191–26. https://doi.org/10.17977/UM039V4I12019P019.
Hasmawati, Hasmawati, and Ahmad Muktamar. “Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research 1, no. 3 (September 7, 2023): 197–211. https://doi.org/10.31004/IJIM.V1I3.20.
Istiqomah, Nurul. “Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi Dalam Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah.” IQRO: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (August 14, 2023): 85–106. https://doi.org/10.24256/IQRO.V6I1.4084.
Khadafie, Muammar, Corresponding Author, and Muammar Khadafi. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 7, no. 1 (April 20, 2023): 72–83. https://doi.org/10.52266/TADJID.V7I1.1757.
Khoirunnisa, Eunis, and Ebah Habibah. “PROFIL KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SOFT SKILLS) PADA MAHASISWA.” Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf 2, no. 2 (September 28, 2020): 55–68. https://doi.org/10.53401/IKTSF.V2I2.20.
Kurniawati, Erlis Wulandari, Rustina Rustina, and Mohamad Idhan. “MEMBANGUN MASYARAKAT HOLISTIK DI ERA SOCIETY 5.0 MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM MERDEKA.” Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0 2, no. 1 (June 23, 2023): 389–95. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1993.
MARDIA HAYATI, -. “KONTRIBUSI KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES,” August 6, 2020.
Muhammad, Musfiqon, and Nurdyansyah Nurdyansyah. “PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK,” April 10, 2015, 168.
Mursyid, Ali, Chyril Futuhana Ahmad, Anggun Kurnia Dewi, Agnes Yusra Tianti, and Uin Sunan Gunung Djati Bandung. “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Purwakarta.” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (March 21, 2023): 173–87. https://doi.org/10.54396/ALFAHIM.V5I1.566.
Nurpratiwi, Suci. “Peran Guru Dan Perpustakaan Sekolah Terhadap Peningkatan Literasi Informasi Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam,” January 4, 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33795.
Permatasari, Intan. “Analisis Pola Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Buay Pemuka Peliung,” September 22, 2023. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/124.
S, Deya Hetri, Zumrotul Alfiyah, and Muhammad Fajar Marsuki. “Optimalisasi Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Tata Surya Melalui Implementasi Project Based Learning Kelas 7E Di Smp Negeri 49 Surabaya.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 7 (July 23, 2023): 1661–76. https://doi.org/10.58344/JMI.V2I7.328.
Salassa’, Alin, Risna Rombe, Rani Rani, Nurlita Nurlita, and Jenri Fani Parinding. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MENURUT KI HAJAR DEWANTARA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN 1, no. 6 (September 1, 2023): 541–54. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/61.
Stai, Mohammad Adnan, Hasan Jufri, and Bawean Gresik. “URGENSI PENERAPAN METODE PAIKEM BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 3, no. 1 (April 22, 2017): 133–50. https://doi.org/10.37348/CENDEKIA.V3I1.39.
Suryadi, Ace. “PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh 8, no. 2 (September 8, 2007): 83–98. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/537.
Susilowati, Evi, Pascasarjana Uin, and Sts Jambi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1, no. 1 (September 8, 2022): 115–32. https://doi.org/10.56436/MIJOSE.V1I1.85.
Swandari, Nurul, and Jemani Abdurahman. “Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang).” LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia 2, no. 2 (June 29, 2023): 127–47. https://doi.org/10.58218/LITERASI.V2I2.632.
Yahya Saputra, Hendri. “Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan Agama Islam.” JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora 2, no. 1 (July 22, 2023): 17–26. https://www.ojs.staisamorapematangsiantar.ac.id/index.php/samora/article/view/32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Citra Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.