Transformasi Pendidikan Agama Islam Menuju Keadilan dan Empati dalam Perspektif Humanis
Keywords:
Kata kunci: Pengajaran Teologi dan Moral, Kurikulum PAI, Efektivitas PembelajaranAbstract
Abstrak: Penelitian ini secara kritis menganalisis paradigma pengajaran teologi dan moral dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan tujuan untuk mendorong pembaharuan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Konteks dinamis zaman dan tantangan global menuntut evaluasi mendalam terhadap model pengajaran PAI. Melalui pendekatan kritis, penelitian ini mengidentifikasi beberapa aspek krusial. Sebagian besar model pengajaran PAI memiliki keterbatasan dalam mengintegrasikan konteks sosial dan perkembangan zaman, yang berpotensi mengurangi daya tarik siswa. Konsistensi dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam: Meskipun konsisten dengan prinsip dasar pendidikan Islam, perlu ditingkatkan integrasi nilai-nilai kritis dan etika sosial. Perbedaan persepsi terdapat antara guru dan siswa, dengan guru menekankan kebutuhan pendekatan kontekstual dan siswa menyoroti pengalaman pembelajaran yang menarik. Tantangan dan solusi memerlukan penyesuaian pendekatan guru dan pengembangan model pengajaran yang lebih dinamis untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Teknologi diidentifikasi sebagai alat efektif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa melalui penggunaan platform digital dan sumber daya online. Perhatian terhadap keamanan data siswa dan etika penggunaan teknologi, bersama dengan pelatihan guru yang memadai, menjadi suatu keharusan.
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2).
Dian, R. R. (N.D.). Model Pendidikan Perdamaian Di Sekolah Pondok Peacesantren Garut.
Fitriani, S. (2020). Keberagaman Dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192.
Isnaini, R. L. (2020). Kajian Reflektif: Relevansi Pendidikan Humanis-Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 26–34. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V7i1.26945
Ledang, I. (2019). Tradisi Islam Dan Pendidikan Humanisme: Upaya Transinternalisasi Nilai Karakter Dan Multikultural Dalam Resolusi Konflik Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 1, 105–128. Https://Conference.Uin-Suka.Ac.Id/Pasca/Jkii/Article/View/1056
Malla, H. A. B. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Humanistik Dalam Membentuk Budaya Toleransi Peserta Didik Di Sma Negeri Model Madani Palu, Sulawesi Tengah. Inferensi, 11(1), 163. Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V11i1.163-186
Muqoyyidin, A. W., & Widiyaningsih, P. M. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam Bervisi Inklusif-Multikultural Sebagai Paradigma Transformasi Epistemologis Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18–32.
Pettalongi, S. S. (2013). Islam Dan Pendidikan Humanis Dalam Resolusi Konflik Sosial. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 172–182.
Saodah, S. (2018). Model Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75–100. Http://Journal.Stai-Yamisa.Ac.Id/Index.Php/Assalam/Article/View/12
Sari, Dewi Purnama, K. I. (2023). Strategi Pembelajaran Yang Dikembangkan Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Konsentrasi Beljar Siswa Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Diss. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Sri, U. (2013). Kesadaran Kritis Dan Humanisme Dalam Globalisasi : Kajian Pemikiran Edward Said. The 5th International Conference On Indonesian Studies, 343–361.
Sulton, A. (2015). Kurikulum Pesantren Multikultural (Melacak Muatan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan). Ulul Albab Jurnal Studi Islam, 16(1), 1. Https://Doi.Org/10.18860/Ua.V16i1.2782
Yani, M. T., Suyanto, T., Ridlwan, A. A., & Febrianto, N. F. (2020). Islam Dan Multikulturalisme: Urgensi, Transformasi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Formal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 8(1), 59–74. Https://Doi.Org/10.15642/Jpai.2020.8.1.59-74
Yusri. (N.D.). Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Melalui Proses Pembelajaran Berbasis It Dimasa Pandemi Covid-19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 weli yuliza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.