Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Picture and Picture

Authors

  • Laily Ayuning Tyas SD Negeri 1 Sidodadi, Sekampung, Lampung Timur

Keywords:

hasil belajar, wudhu, picture and picture

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Metode Pembelajaran yang tepat harus diterapkan untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang materi tatacara wudhu melalui Metode Picture and Picture. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi tatacara wudhu peserta didik Kelas IV SDN 1 Sidodadi Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019/2020. Hasil Penelitian menunjukkan persentase ketuntasan belajar pada tahap pra siklus sebesar 21%, pada siklus I sebesar 67%, dan pada siklus II mencapai 92%. Nilai rata-rata hasil tes peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 54,17, siklus I sebesar 75,41, dan pada siklus II naik menjadi 82,08. Hal ini berarti, melalui penerapan Picture and Picture.dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materi tatacara wudhu.

References

Imas Kurniasih & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. 5thed. Jakarta: Puspa Swara.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana.

Uno, HB. (2008). Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efisien. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles