Penggunaan Metode Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Aah Sariah SDN 1 Bojong

Keywords:

Metode Make a Match, Hasil Belajar, dan Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang penggunaan metode make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam.  Dalam mewujudkan tujuan Pendidikan nasional, Pendidikan agama islam di sekolah memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, Pendidikan agama islam di Indonesia dimasukkan kedalam kurikulum nasional yang wajib diikuti oleh semua anak didik mulai dari seklah dasar hingga sampai perguruan tinggi. Pendidikan formal memanglah semuanya penting, dengan Pendidikan formal yang baik, anak dapat memperoleh berbagai macam gelar sehingga dapat meningkatkan kualitasnya, namun semua itu tidak sempurna tanpa didasari dengan Pendidikan agama yang kuat sejak dini. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam bidang pendidikan agama islam diperlukan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam belajar Pendidikan Agama Islam adalah Metode Make A Match

References

Achmad Hasim dan Otong Jaelani.2017.Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 1, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif, Medan : Media Persada

Kunandar. 2016. Penelitian Tindakan Kelas , Depok : PT Rajagrafindo Perkasa

Kurniawan, Rahadian, Musda Asmara, dan H. Hardivizon. “Arabic Language and the Concept of I’jaz al-Qur’an (Critics to Louwis ‘Awad’s Thoughts/Bahasa Arab dan Konsep I’jaz al-Qur’an (Kritik Pemikiran Louwis ‘Awad).” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 5, no. 1 (2021): 161–72. doi:10.29240/jba.v5i1.2622.

Rahmat Widodo. 2010. Model Pembelajaran Make A Match (Lorna Curran,199)

Rusman. 2011. Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers

Suprijono Agus . 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

----------. 2022. Modul Teori Belajar dan Pembelajaran, Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan : Kementrian Agama RI

Downloads

Published

2022-06-12

Issue

Section

Articles