Article Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Perkembangan Emosional Siswa Sekolah Dasar

Article Mahasiswa PPG PAI Batch 1 2024 LPTK Institut Agama Islam Negeri Curup

Authors

  • PUJI ASTUTI - Mahasiswa
  • Dosen Kelas A Prof. Idi Warsah, M.Pd.I
  • Dosen Kelas A Prof. Hamengkubuwono
  • Dosen Kelas A Prof. Lukman Asha

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Pendidikan Agama Islam, Siswa Sekolah Dasar, Meingkatkan Mutu Pendidikan, Metode Kualitatif, Implementasi, IAIN Curup

Abstract

Lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam membentuk perkembangan emosional siswa sekolah dasar, yang merupakan masa kritis dalam pertumbuhan psikologis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan emosional siswa di tingkat sekolah dasar dan keterkaitannya dengan pengembangan Pendidikan Agama Islam. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara terhadap  siswa di sekolah dasar. Variabel yang dianalisis meliputi kualitas interaksi dengan guru, hubungan antar siswa, serta kondisi fisik dan psikologis lingkungan sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas interaksi dengan guru memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan emosional siswa. Siswa yang merasa didukung dan dihargai oleh guru cenderung memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan kepercayaan diri yang lebih tinggi. Selain itu, hubungan antar siswa yang harmonis juga berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan emosional, sementara kondisi lingkungan fisik yang nyaman dan aman berperan dalam mengurangi stres dan ketidaknyamanan emosional.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah yang positif dan mendukung sangat penting bagi perkembangan emosional siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah lebih memperhatikan aspek-aspek lingkungan yang dapat mendukung kesehatan emosional siswa, termasuk dalam menciptakan hubungan yang baik antara siswa dan guru serta antara sesama siswa.

Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang praktik pemberdayaan guru melalui implementasi inisiatif Sekolah Mandiri. Hasilnya dapat menjadi panduan bagi lembaga pendidikan dan pembuat kebijakan dalam upaya mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberdayaan guru.
terima kasih kepada para dosen pembimbing Kelas A dalam kegiatan penelitian yang saya lakukan, ini antara lain :
1. Prof. Idi Warsah, M.Pd.I
2. Prof. Hamengkubuwono
3. Prof. Lukman Asha
dkk

Author Biographies

Dosen Kelas A Prof. Idi Warsah, M.Pd.I

Dosen IAIN Curup Kelas A

Dosen Kelas A Prof. Hamengkubuwono

Dosen IAIN Curup Kelas A

Dosen Kelas A Prof. Lukman Asha

Dosen IAIN Curup Kelas A

References

Abdussamad M.Si, Dr. Juriko, S.HI., M.Sy., Imam Sopingi, M.Si., Dr. Budi Setiawan, and S.Pd.,M.M, Nurhikmah Sibua, ‘Buku Referensi Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode’, 2024

Aminah, Siti, ‘Membangun Komunikasi Efektif Antara Pendidik Dengan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam’, MADRASAH, 6.2 (2016), 28

Handayani, Riska, ‘PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR’, Jurnal Tunas Bangsa , 6.1 (2019), 15–26

Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Jurnal, Nurul Chofifah, Mutia Rahma Paradise, Mawada Azkia, Saidah Nurul Ummah, Kata kunci, and others, ‘Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini’, Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5.2 (2020), 77–90

Kamaruddin, Ilham, Zulham Zulham, Ferdian Utama, and Lutfi Fadilah, ‘Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial Dan Moral Siswa’, Attractive : Innovative Education Journal, 5.3 (2023), 140–50

‘Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar - Neliti’

Lubis, Nada Shofa, ‘Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, Dan Mutu Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7.1 (2022), 137–56

Minalloh, Nofal Ardi Nasrun, ‘Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Ponpes Bina Madani Bogor’, 2020

Nadia, Deni Okta, Neviyarni Suhaili, and Irdamurni, ‘PERAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK SEKOLAH DASAR’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.1 (2023), 2727–38

Nugroho, Kristanto Adi, Agus Kristiyanto, and Muchsin Doewes, ‘Implementasi Pendidikan Jasmani Dalam International Primary Curriculum’, Jurnal Keolahragaan, 6.2 (2018), 110–19

Putra, Riko, ‘Pola Pengasuhan Orang Tua Dan Peran Guru Dalam Pendidikan Awal Anak’, Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2023), 1–15

Saleh, Sirajuddin, ‘Analisis Data Kualitatif’, 2017

Wiranto, Sigit, ‘Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa’, 2014

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles