Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Abad 21, Berpikir Kritis,, Kolaborasi.Abstract
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) telah diakui sebagai salah satu pendekatan yang efektif dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21, yang menuntut keterampilan kritis, kolaboratif, kreatif, dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, siswa tidak hanya memahami konsep keagamaan secara lebih mendalam, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, bekerja sama dalam tim, serta kemampuan problem solving yang lebih baik. Selain itu, pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, menghubungkan nilai-nilai agama dengan konteks sosial dan budaya modern. Kendala yang dihadapi dalam implementasi meliputi kurangnya pelatihan guru serta keterbatasan waktu dalam kurikulum, namun dapat diatasi melalui perencanaan yang matang dan dukungan kebijakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam PAI guna mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya religius, tetapi juga memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan abad 21.
References
Anas, Nirwana, and Sapri. “Komunikasi Antara Kognitif Dan Kemampuan Berbahasa.” Eunoia Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 1 (2021): 1–8. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/997/775.
AYU, W. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT-CONFRONT-IDENTIFY-RESOLVE-REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION AND …. repository.radenintan.ac.id, 2022. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22493.
Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.
Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.
Destriani, D. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational …, 2022. http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/356.
Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.
Elmanazifa, S. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Yang Di Intervensi Teknologi Informasi Terhadap Kompetensi Abad 21 Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 …. repository.unp.ac.id, 2020. http://repository.unp.ac.id/30402/.
Ennis, Robert H. “Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision.” Topoi 37, no. 1 (2018): 165–84. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4.
Herdiawan, H, I Langitasari, and ... “Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid.” EduChemia (Jurnal Kimia …, 2019. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/view/4867.
Hidayati, N. MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIGITAL MIND MAPS (PBLDMM): A Learning Model Untuk Pembelajaran Abad 21. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JHRMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pembelajaran+abad+21&ots=HYD_ZHpORC&sig=Gy7mz8NfnXNKholx_tkoP_BWCXQ.
Inggriyani, Feby, Nurul Fazriyah, and Ayi Purbasari. “Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Bagi KKG Sekolah Dasar Di Kecamatan Lengkong Kota Bandung.” Jurnal SOLMA 8, no. 2 (2019): 268. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695.
Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.
Marinda, L. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 2020. http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26.
Robikhah, A S. “Paradigma Pendidikan Pembebasan Paulo Freire Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2018. https://www.journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/3.
Rohinah, R. “Re-Konsientisasi Dalam Dunia Pendidikan (Membangun Kesadaran Kritis Melalui Pemikiran Paulo Freire).” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2019. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2355.
Russell, S, D Dewey, and M Tegmark. “Research Priorities for Robust and Beneficial Artificial Intelligence.” AI Magazine, 2015. https://ojs.aaai.org/aimagazine/index.php/aimagazine/article/view/2577.
Sativa, Hersi1, Ketang Wiyono, and Leni Marlina. “Pengembangan E-Learning Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMP.” Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2022): 11–19. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.
Winarni, E W. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Fx0mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA152&dq=paradigma+mekanis&ots=XRn2cvX6XN&sig=GBhZ--nXvhXaes7Ml18dSFNdgA0.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 riswani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.