Pendidikan Islam Berbasis Lingkungan: Penguatan Karakter Moderat dan Tanggung Jawab Sosial
Keywords:
Pendidikan Islam, lingkungan, karakter moderat, tanggung jawab sosial, pembangunan berkelanjutan.Abstract
Pendidikan Islam berbasis lingkungan merupakan pendekatan yang memadukan nilai-nilai keislaman dengan kesadaran lingkungan, bertujuan untuk membentuk karakter moderat dan tanggung jawab sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi pendidikan lingkungan dalam kurikulum pendidikan Islam dapat memperkuat karakter moderat, yang melibatkan sikap toleransi, keseimbangan, dan keterbukaan, serta membangun kesadaran akan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur yang menganalisis berbagai pendekatan dan praktik yang telah diterapkan dalam pendidikan Islam berbasis lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan berbasis lingkungan dalam institusi pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi dan tanggung jawab sosial yang lebih kuat pada peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan dalam pengajaran agama Islam demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.
References
Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.
Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.
Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.
Fadhlullah, I. “Kritik Atas Pemikiran Humanisme Pendidikan John Dewey.” El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2019. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/el-Buhuth/article/view/1597.
Hidayat, Rahmad, and Sumarto. Konsep Diri Pancasila. Penerbit Buku Literasiologi. Curup: Penerbit Buku Literasiologi, 2020.
Kulsum, U. “Pemikiran Seyyed Hossein Nasr: Nilai Pendidikan Islam Tradisional Ditengah-Tengah Kemodernan.” AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan …, 2019. https://www.journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/570.
Kurniawan, Fajar. “Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental).” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18, no. 1 (2019): 223. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1823.
Nurhidayati, T. “Pemikiran Seyyed Hossein Nasr: Konsep Keindahan Dan Seni Islami Dalam Dunia Pendidikan Islam.” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 2019. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/150.
Nursalim, Eko, and Khojir Khojir. “Aliran Perenialisme Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam.” Cross-Border 4, no. 2 (2021): 673–84. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/972.
Pabbajah, Mustaqim, Ratri Nurinda Widyanti, and Widi Fajar Widyatmoko. “Membangun Moderasi Beragama: Perspektif Konseling Multikultural Dan Multireligius Di Indonesia.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 13, no. 1 (2021): 193–209.
Rosyid, Abdul. “Moderasi Beragama Di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 101–10.
Russell, S, D Dewey, and M Tegmark. “Research Priorities for Robust and Beneficial Artificial Intelligence.” AI Magazine, 2015. https://ojs.aaai.org/aimagazine/index.php/aimagazine/article/view/2577.
Sarosa, S. Analisis Data Penelitian Kualitatif. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=YY9LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=memahami+kompleksitas+sistem+kehidupan&ots=gzEd4OV3Ic&sig=eAkd4N-Eqz36mmllNVtZD9oWPK8.
Subhi, M. Manusia Teomorfis Dalam Antropologi Metafisis Seyyed Hossein Nasr. repo.driyarkara.ac.id, 2020. http://repo.driyarkara.ac.id/169/.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 heri susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.