Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Identitas Religius pada Siswa Milenial

Authors

  • sukamto SDIT Khoiru Ummah

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, identitas religius, siswa milenial, pengaruh, era digital.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembentukan identitas religius pada siswa milenial. Siswa milenial merupakan generasi yang hidup di era digital dengan akses informasi yang luas, sehingga pembentukan identitas religius mereka dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pendidikan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur tingkat pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa dari beberapa sekolah di wilayah perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk identitas religius pada siswa milenial, terutama dalam hal pemahaman nilai-nilai keislaman dan praktik ibadah. Meskipun demikian, beberapa tantangan ditemukan dalam proses internalisasi nilai-nilai religius akibat pengaruh media digital dan lingkungan sosial. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yang lebih relevan dengan karakteristik generasi milenial untuk memperkuat identitas religius mereka di era modern.

References

Ambarudin, R I. “Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius.” Jurnal Civics. core.ac.uk, 2016. https://core.ac.uk/download/pdf/208821707.pdf.

Aziz, Abdul. “Religiusitas Masyarakat Urban Di Era Digital (The Religiosity of Urban Communities in the Digital Era).” International Conference Departement Communication, no. May (2018). https://www.researchgate.net/profile/Abd_Aziz6/publication/324877592_Religiusitas_Masyarakat_Urban_di_Era_Digital_The_Religiosity_of_Urban_Communities_in_the_Digital_Era/links/5ae8e5e7a6fdcc03cd8f8431/Religiusitas-Masyarakat-Urban-di-Era-Digital-The-Relig.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 2020, 195–202.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

Jannah, S M. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Smk Kelas Xi Kurikulum 2013.” etheses.iainponorogo.ac.id, 2021. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14247/1/210317246_SEPTA MIFTAKUL JANAH_PAI.pdf.

Kurniawan, Fajar. “Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental).” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18, no. 1 (2019): 223. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1823.

Lestari, Y, A Armida, and D Lubis. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar Negri 155/1 Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian. repository.uinjambi.ac.id, 2019. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1466.

Masrurin, D. Profil Pelajar Pancasila Dalam Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 (Studi Di SMAN 1 Dan SMA IT Raudhatul Jannah …. repository.uinbanten.ac.id, 2022. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10652.

Prasetiya, B, M M Safitri, and ... “Perilaku Religiusitas: Analisis Terhadap Konstribusi Kecerdasan Emosional Dan Spiritual.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal …, 2019. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/5015.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rumahuru, Yance Z., and Johana S. Talupun. “Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama: Strategi Merawat Keberagaman Di Indonesia.” Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021): 453–62. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.323.

Samsudin, Udin, and Astuti Darmiyanti. “Model Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Rasulullah Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 898–908. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2006.

Tolchah, M. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusianya. repository.uinsa.ac.id, 2020. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/19/.

Umam, M R, and T Hamami. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah.” … PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2023. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/1556.

Yanuarti, E. “Analisis Sikap Kerjasama Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Cooperative Learning.” Media Akademika. academia.edu, 2016. https://www.academia.edu/download/60349680/ANALISIS_SIKAP_KERJASAMA_SISWA_DALAM_PROSES_PEMBELAJARAN_PAI_MELALUI_COOPERATIVE_LEARNING20190820-128157-dz2wc7.pdf.

Yusro, Nelly, Rian Vebrianto, Musa Thahir, Kata Kunci, Peran Remaja, Potensi Radikalisme, and Sekolah Menengah Atas. “Identifying Radicalism Potential in Senior High School Students in Riau Province.” Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies 8, no. 1 (July 2022): 98–110. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v8i1.5286.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles