Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Era Digital

Authors

  • artika mardianti SDN 126 Rejang Lebong

Keywords:

kurikulum, Pendidikan Agama Islam, kearifan lokal, era digital, pendidikan berbasis nilai.

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis nilai-nilai kearifan lokal di era digital merupakan upaya untuk menghadirkan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman sekaligus mempertahankan identitas budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam kurikulum PAI di tengah perkembangan teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan wawancara mendalam dengan para ahli pendidikan dan tokoh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam kurikulum PAI mampu memperkaya pembelajaran dengan nilai-nilai moral dan sosial yang kuat, serta menanamkan rasa identitas budaya kepada siswa. Era digital juga menawarkan peluang untuk memfasilitasi penyebaran dan pemahaman nilai-nilai kearifan lokal melalui media teknologi yang lebih inovatif dan interaktif. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum PAI yang berbasis nilai-nilai kearifan lokal di era digital dapat meningkatkan efektivitas pendidikan agama dalam membentuk generasi yang religius dan berbudaya.

References

A’yun, Q. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model inside Outside Circle Berbasis Kearifan Lokal Madura Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis. digilib.uinsa.ac.id, 2019. https://digilib.uinsa.ac.id/33412/.

Anshori, Muslich, and Sri Iswati. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: University Press, 2017.

Banjarnahor, R E. Guru Indonesia Dan Tantangan Pembelajaran Abad 21. osf.io, 2022. https://osf.io/preprints/xf4mn/.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Faisal, Muhammad. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 2020, 195–202.

Huda, S. Moderasi Keagamaan Berbasis Kearifan Lokal Dari Balun Untuk Indonesia Berkedamaian. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=AF2jEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=memahami+kompleksitas+sistem+kehidupan&ots=m3zE4hvAnG&sig=aXxe-X9TKhsY_JbuCxfnhwLF-jY.

Kridasakti, S W, P Purwaningdyah, and ... “Pola Legitimasi ‘Criminal-Policy’ Pada Pembentukan Peraturan Daerah.” Recital …, 2023. https://online-journal.unja.ac.id/RR/article/view/23157.

Liana, M, and O Alpindo. “Pengembangan E-Worksheets Berorientasi ICT Literacy Pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Pendidikan Matematika Untuk Mahasiswa Tahun Pertama.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2021. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/453.

Manan, A. “Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital.” SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan …, 2023. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1865.

Mardiana, D, F Rokhman, R Rustono, and ... “Penguasaan Retorik Interpersonal Sebagai Strategi Kompetensi Komunikatif Guru Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Di Pendidikan Abad 21.” Prosiding Seminar …, 2021. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/903.

Marfai, M A. Pengantar Etika Lingkungan Dan Kearifan Lokal. books.google.com, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=9Q6XDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA10&dq=memahami+kompleksitas+sistem+kehidupan&ots=R9ZCC1yqle&sig=SFCPAe8fwAOGnG342R_Tz_xcuRo.

Purfitasari, S, M Masrukhi, T Prihatin, and ... “Digital Pedagogy Sebagai Pendekatan Pembelajaran Di Era Industri 4.0.” Prosiding Seminar …, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/374.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rahmat, H K, and A Kurniadi. “Integrasi Dan Interkoneksi Antara Pendidikan Kebencanaan Dan Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana Di Sekolah Menengah Pertama.” Prosiding Konferensi Integrasi …, 2020. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/440.

Ratnawati. “Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018, 1–11.

Sudradjat, B. “Penggunaan Teknologi Flutter Dalam Aplikasi Mobile Untuk Pengembangan Kedai Kopi.” REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika …, 2021. https://polgan.ac.id/jurnal/index.php/remik/article/view/11123.

Zakaria, Z. “Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19.” Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 2021. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/276.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles