Penerapan Case-Based Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah

Authors

  • silhanudin SDIT Khoiru Umma

Keywords:

Case-Based Learning , Pendidikan Agama Islam, pemecahan masalah, berpikir kritis, sekolah menengah.

Abstract

Penerapan Case-Based Learning  (CBL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah merupakan metode yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan pemecahan masalah berdasarkan studi kasus nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode CBL dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, keterampilan berpikir kritis, serta pemahaman yang lebih mendalam terhadap nilai-nilai agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, serta kuesioner kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBL dalam pembelajaran PAI meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi, memperkuat kemampuan analisis mereka terhadap masalah moral dan etika, serta membantu siswa mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam konteks kehidupan nyata. Dengan demikian, metode CBL dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kompetensi agama dan sosial siswa di sekolah menengah.

References

Amershi, S, A Begel, C Bird, R DeLine, and ... “Software Engineering for Machine Learning: A Case Study.” 2019 IEEE/ACM 41st …, 2019. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8804457/.

Arner, T. Investigating the Flipped Classroom in Undergraduate Educational Psychology. search.proquest.com, 2020. https://search.proquest.com/openview/62417368323fb3c18da0119cb372b86d/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y.

Azmi, S N. Efektivitaf Penerapan Cooperative Learning Menurut Teori Konstruktivisme Sosial Vygotsky Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Interaksi Edukatif …. digilib.uinsa.ac.id, 2011. https://digilib.uinsa.ac.id/8923/.

Bari, Fathul, Chusaery Rusdi Syarif, and Hidayatullah. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 1 (2018): 11–17. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.424.

Bungin, B. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Caswita. “Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 3 (2019): 300–314. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.590.

Darmadji, A. Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Akhlak Terpuji Siswa Di SMP Negeri 2 Kedunggalar, Ngawi …. dspace.uii.ac.id, 2020. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28525.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Farina, C. “The Flipped Classroom With Case-Based Learning in Graduate Nurse Anesthesia Education.” AANA Journal, 2021. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=00946354&AN=150668260&h=lPo4zQMAzsq0t8PD%2F4r6GMHFnSEe63jSeYoyDUfhgA1dg7isaoQP3yhg3jqr6e%2FZcPgSvyanRpwyJNdNwW0oXA%3D%3D&crl=c.

Hakim, L. Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=RFH5DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=rVbgtxl1uc&sig=qAL_q8r030PYn7DhtniKW-8d6b4.

Khairiansyah, Heri. “STRATEGI TRANSFORMASI DAN TRADISI PEMBELAJARAN DALAM MODEL INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Di SMA Ar-Rohmah Dau Malang).” Thesis 6, no. 1 (2018): 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8.

Kolahdouzan, M, M Mahmoudieh, M Rasti, and ... “The Effect of Case-Based Teaching and Flipped Classroom Methods in Comparison with Lecture Method on Learning and Satisfaction of Internship Students in ….” Journal of Education …. ncbi.nlm.nih.gov, 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7657411/.

Lestari, Y, A Armida, and D Lubis. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar Negri 155/1 Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian. repository.uinjambi.ac.id, 2019. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1466.

Mueller, J, and A Thyagarajan. “Siamese Recurrent Architectures for Learning Sentence Similarity.” … the AAAI Conference on Artificial Intelligence, 2016. https://ojs.aaai.org/index.php/AAAI/article/view/10350.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rao, ASRS, and J A Vazquez. “Identification of COVID-19 Can Be Quicker through Artificial Intelligence Framework Using a Mobile Phone–Based Survey When Cities and Towns Are under Quarantine.” Infection Control & Hospital Epidemiology, 2020. https://www.cambridge.org/core/journals/infection-control-and-hospital-epidemiology/article/identification-of-covid19-can-be-quicker-through-artificial-intelligence-framework-using-a-mobile-phonebased-survey-when-cities-and-towns-are-under-quarantine/7151.

Satria, Rachmat, and Elvia Baby Shahbana. “The SWOT Analysis of Strengthening Character Education In Junior High School.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2020): 56–67. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.827.

Suci, Yayu Tresna. “Examining Vygotsky’s Theory and Social Interdependence as The Theory of the Theory in the Implementation of Cooperative Learning in Primary Schools.” NATURALISTIC: Journal of Education Research and Learning Studies 3, no. 1 (2018): 231–39.

Turuk, Mamour Choul. “The Relevance and Implications of Vygotsky’s Sociocultural Theory in the Second Language Classroom.” ARECLS 5 (2008): 244–62.

Yanuarti, E. “Analisis Sikap Kerjasama Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Cooperative Learning.” Media Akademika. academia.edu, 2016. https://www.academia.edu/download/60349680/ANALISIS_SIKAP_KERJASAMA_SISWA_DALAM_PROSES_PEMBELAJARAN_PAI_MELALUI_COOPERATIVE_LEARNING20190820-128157-dz2wc7.pdf.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles