Model Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • elisa SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, pembelajaran inklusif, siswa berkebutuhan khusus, adaptasi kurikulum, dukungan guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran inklusif dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang bertujuan untuk memastikan setiap siswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan, termasuk dalam pembelajaran agama. Melalui model ini, diharapkan siswa berkebutuhan khusus dapat lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang sesuai dengan kemampuan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di beberapa sekolah inklusif yang menerapkan PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inklusif dalam PAI memberikan dampak positif terhadap perkembangan spiritual dan sosial siswa berkebutuhan khusus. Beberapa faktor penting yang mendukung efektivitas pembelajaran ini adalah adaptasi kurikulum, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, serta dukungan dari guru dan lingkungan sekolah. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan yang dihadapi dalam penerapan model ini, seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan bagi guru dalam menghadapi siswa berkebutuhan khusus. Kesimpulannya, model pembelajaran inklusif dalam PAI memiliki potensi besar dalam membantu siswa berkebutuhan khusus berkembang secara spiritual dan sosial, tetapi membutuhkan peningkatan dukungan dan sumber daya untuk implementasi yang lebih efektif.

References

Arisandi, D, A Shar, and R Hariyadi. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Belanja Busana Secara Daring.” KOMPLEKSITAS …, 2021. http://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/kompleksitas/article/view/163.

Astuti, I. Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=NyxmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=paradigma+mekanis&ots=0sMSV_bWxW&sig=KudROYhyt-y539mYRqQ0M_NOMZ8.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, D. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational …, 2022. http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/356.

Duaty, A S B. “Pengembangan Aspek Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembiasaan Berbagi Di TK Aisyiyah IV Purwokerto.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri …. repository.uinsaizu.ac.id, 2019. https://repository.uinsaizu.ac.id/5773/2/Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf.

Education, Islamic Religious, Children Needed, Pendidikan Agama Islam, and Anak Berkebutuhan Khusus. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNA RUNGU” 3, no. 1 (2018).

Fadilah, L, and A Wijaya. “PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence.” Journal of …, 2022. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/cie/article/view/2145.

Hamidah, Ani Mar’atul. “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Setting Inklusif Di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo.” Didaktika Religia 3, no. 2 (2015): 185–212.

Iskandar, Dudi. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M Dawani, Iqbal. Maghza Pustaka, 2022.

Ismadi, Hurip Danu. “Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Kebudayaan.” Kabilah 1, no. 1 (2014): 3.

Mavianti, M, and R Harfiani. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: SLB ’Aisyiyah Tembung).” Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2020. https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/Al-Ulum/article/view/49.

Muchlis, Muchlis. “Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam (Pai) Berwawasan Moderat.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 1 (2020): 11–20. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053.

Muchtar, A D. “Implementasi Kurikulum Pai 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB Bhakti Kencana Yogyakarta.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2018. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/16.

Mulyono. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural.” El-Wasathiya : Jurnal Studi Agama 7, no. 1 (2019): 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/266978017.pdf.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rumahuru, Yance Z., and Johana S. Talupun. “Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama: Strategi Merawat Keberagaman Di Indonesia.” Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021): 453–62. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.323.

Zulaikhah, D, A Sirojuddin, and ... “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” … Journal of Islamic …, 2020. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/6.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles