Pendekatan Inklusif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengoptimalkan Potensi Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • septi SDN 18 Rejang Lebong

Keywords:

pembelajaran inklusif, Pendidikan Agama Islam, siswa berkebutuhan khusus, interaksi sosial, teori pembelajaran.

Abstract

Model pembelajaran inklusif dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dirancang untuk memberikan kesempatan yang setara bagi semua siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus, dalam proses pembelajaran agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran inklusif dalam PAI dapat mendukung perkembangan siswa berkebutuhan khusus, baik dari segi kognitif, sosial, maupun spiritual. Dengan pendekatan teoritis berdasarkan teori ekologi perkembangan Bronfenbrenner, teori interaksi sosial Vygotsky, serta teori pembelajaran sosial Bandura, penelitian ini menekankan pentingnya dukungan lingkungan belajar yang ramah, keterlibatan guru yang inklusif, dan interaksi sosial yang positif antar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inklusif tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa berkebutuhan khusus terhadap nilai-nilai agama, tetapi juga memperkuat toleransi dan empati di antara siswa lainnya. Oleh karena itu, kolaborasi antara sekolah, guru, orang tua, dan komunitas sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, inklusif, dan efektif bagi semua siswa.

References

Ahmad, J, and A P K Manusia. “Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah. academia.edu, 2018. https://www.academia.edu/download/57753467/ParadigmaPendidikanIslam.pdf.

Amaliyah, A, A Hadiyanto, A Hakam, and ... “Revitalisasi Nilai-Nilai Wasathiyah Dan Kearifan Lokal Dalam Pencegahan Radikalisme Beragama Di Perguruan Tinggi.” Proceeding …, 2019. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/2.

Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qurani Di SDIT Al Istiqomah Puri Kosambi Karawang.” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.

Darmadji, A. Kerjasama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Akhlak Terpuji Siswa Di SMP Negeri 2 Kedunggalar, Ngawi …. dspace.uii.ac.id, 2020. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28525.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Education, Islamic Religious, Children Needed, Pendidikan Agama Islam, and Anak Berkebutuhan Khusus. “STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNA RUNGU” 3, no. 1 (2018).

Gafur, A. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=sONjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=Gtx44kgovc&sig=GOe89gzvS2GTnaER245qB9fKGGw.

Hanafie, S W, M S Dangnga, A Halik, and J Rahmah. “Problems of Educators and Students in Learning Islamic Religious Education at MTs Pondok Darren Modern Darul Falah, Enrekang District.” Al-Ulum, 2019. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/848.

Isroani, F. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.” QUALITY, 2019. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5180.

Maulina, W. “Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 6 Padang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling …, 2022. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9503.

Mavianti, M, and R Harfiani. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: SLB ’Aisyiyah Tembung).” Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2020. https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/Al-Ulum/article/view/49.

Muchtar, A D. “Implementasi Kurikulum Pai 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SMPLB Bhakti Kencana Yogyakarta.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2018. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/16.

Oktari, W, H Harmi, and D Wanto. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” … : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2020. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/10515.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Ripai, I, and N Sutarna. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2019. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/167.

Su’dadah, S. “Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, 1970. https://www.neliti.com/publications/104015/kedudukan-dan-tujuan-pendidikan-agama-islam-di-sekolah.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Susanto, A. Pengembangan Pembelajaran IPS Di SD. books.google.com, 2014. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=HBZNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA302&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=qsAfhSR6tE&sig=hIc6eggUAZzGstbHvPOGPdQHjJY.

Syarifuddin, K. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. books.google.com, 2018. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xYVJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=mengambangkan+kemampuan+komunikasi+dalam+pai&ots=2TMbKnopcm&sig=lnDGzMEjUOPCGNI5l2c5czlxu_M.

Yanuarti, E. “Analisis Sikap Kerjasama Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Cooperative Learning.” Media Akademika. academia.edu, 2016. https://www.academia.edu/download/60349680/ANALISIS_SIKAP_KERJASAMA_SISWA_DALAM_PROSES_PEMBELAJARAN_PAI_MELALUI_COOPERATIVE_LEARNING20190820-128157-dz2wc7.pdf.

Zaini, R. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam Medan. repository.uinsu.ac.id, 2013. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2807.

Zulaikhah, D, A Sirojuddin, and ... “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” … Journal of Islamic …, 2020. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/6.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles