Penguatan Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam melalui Metode Pembelajaran Reflektif

Authors

  • noviana SMP PGRI2 Curup1

Keywords:

moderasi beragama, pendidikan Islam, metode pembelajaran reflektif, toleransi, PAI

Abstract

Penguatan moderasi beragama dalam pendidikan Islam menjadi penting dalam rangka membentuk sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan menghindari ekstremisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana metode pembelajaran reflektif dapat berperan dalam memperkuat moderasi beragama di lingkungan pendidikan Islam. Metode pembelajaran reflektif mendorong siswa untuk berpikir kritis, mengevaluasi keyakinan, dan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai agama yang moderat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara dengan guru, serta analisis dokumen terkait penerapan metode reflektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran reflektif dapat membantu siswa memahami pentingnya keseimbangan dalam beragama, meningkatkan empati terhadap pandangan berbeda, dan memperkuat sikap moderat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, metode pembelajaran reflektif menjadi salah satu strategi efektif dalam mendukung penguatan moderasi beragama di kalangan siswa.

References

Aladdin, Hisyam Muhammad Fiqyh, and Alaika M. Bagus Kurnia PS. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal: Penelitian Medan Agama 10, no. 2 (2019): 153. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050.

Amaliyah, A, A Hadiyanto, A Hakam, and ... “Revitalisasi Nilai-Nilai Wasathiyah Dan Kearifan Lokal Dalam Pencegahan Radikalisme Beragama Di Perguruan Tinggi.” Proceeding …, 2019. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/view/2.

Bungin, B. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Destriani, D. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” INCARE, International Journal of Educational …, 2022. http://www.ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/356.

Diba, Icha Fara, and Abdul Muhid. “Pentingnya Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era 4 . 0” 13, no. 1 (2022).

Eko Putro, Zaenal Abidin. “Pengayaan Literasi Keagamaan Melalui Akses Buku Keagamaan Penyuluh Agama Di Sulawesi Utara.” Jurnal Lektur Keagamaan 18, no. 1 (2020): 250–73. https://doi.org/10.31291/jlk.v18i1.605.

Haryani, Elma. “Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus ‘Lone Wolf’ Pada Anak Di Medan.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 2 (2020): 145–58. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.710.

Hidayat, A. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” Fenomena, 2018. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/1184.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Junaedi, Edi. “Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag.” Jurnal Multikultural & Multireligius 18, no. 2 (2019): 391–400. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414.

Keislaman, Jurnal, Ilmu Pendidikan, and Muhammad Azmi. “Pengamalan Nilai-Nilai Toleransi Siswa SMA Negeri 3 Palangka Raya Sebagai Bentuk Moderasi Beragama.” ISLAMIKA 4, no. 1 (January 2022): 37–46. https://doi.org/10.36088/ISLAMIKA.V4I1.1594.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Noor, A. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP. digitallibrary.ump.ac.id, 2019. https://digitallibrary.ump.ac.id/261/4/16. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA.pdf.

Nur’Agami, T R. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 9 Tangerang Selatan.” Repository.Uinjkt.Ac.Id, n.d. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48333.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).

Rinawati, Anita. “Transformasi Pendidikan Untuk Menghadapi Globalisasi.” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 1, no. 1 (2015). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783.

Rosyid, Abdul. “Moderasi Beragama Di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama.” Tarbawi 5, no. 2 (2022): 101–10.

Sumarto. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Bali Studi Kerja Sama Rumah Moderasi Beragama IAIN Curupb Di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Bali.” Jurnal Literasiologi 7, no. 3 (2021): 1–23.

Syarif, Zainuddin, and Abd Hannan. “Fundamentalism and the Challenges of Religious Moderation in the New Normal Era.” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 25, no. 1 (July 2021): 1–18.

Tolchah, M. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusianya. repository.uinsa.ac.id, 2020. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/19/.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles