Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi dan Digitalisasi

Authors

  • hermanto SDN 105 Rejang Lebong1

Keywords:

Guru PAI, globalisasi, digitalisasi, moderasi beragama, pendidikan agama.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan digitalisasi. Globalisasi dan digitalisasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan agama. Guru PAI dituntut untuk tidak hanya menyampaikan ajaran agama, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang pesat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah di Indonesia. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru PAI, observasi proses pembelajaran, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menghadapi sejumlah tantangan dalam era globalisasi dan digitalisasi, termasuk penyesuaian metode pembelajaran berbasis teknologi, pengelolaan siswa yang terpapar arus informasi global, serta penanaman nilai-nilai moderasi beragama di era digital. Selain itu, ditemukan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan antara ajaran agama dan kemajuan teknologi melalui penggunaan media digital yang tepat dan pendekatan pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru PAI dalam bidang literasi digital dan strategi pembelajaran yang relevan dengan tantangan globalisasi. Dengan demikian, guru PAI dapat lebih efektif dalam membimbing siswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai agama di era yang terus berkembang ini

References

Achadah, A. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Upaya Membentuk Karakter Relegius Siswa.” Journal of Islamic Education Studies III, 2018. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/118.

Adiyono, A, M Rusdi, and Y Sara. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal …, 2023. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1048.

Aladdin, Hisyam Muhammad Fiqyh, and Alaika M. Bagus Kurnia PS. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal: Penelitian Medan Agama 10, no. 2 (2019): 153. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050.

Bakhri, A. “Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Pada Era Globalisasi.” Madaniyah, 2015. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/66.

Chadidjah, S, M Erihadian, and ... “Pendidikan Islam Abad 21 Perspektif Disipliner Dan Interdisipliner.” … : Jurnal Studi Islam. academia.edu, 2020. https://www.academia.edu/download/102251746/2.pdf.

Hanafie, S W, M S Dangnga, A Halik, and J Rahmah. “Problems of Educators and Students in Learning Islamic Religious Education at MTs Pondok Darren Modern Darul Falah, Enrekang District.” Al-Ulum, 2019. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/848.

Jannah, S M. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Smk Kelas Xi Kurikulum 2013.” etheses.iainponorogo.ac.id, 2021. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14247/1/210317246_SEPTA MIFTAKUL JANAH_PAI.pdf.

Kurniawan, F E, and N L Aruan. “DIGITALISASI DAN POLA KERJA BARU: DAMPAK BAGI INDUSTRIALISASI DAN RESPONS KEBIJAKAN KETENAGAKERJAAN.” Jurnal Sosioteknologi. academia.edu, 2021. https://www.academia.edu/download/80218184/5582.pdf.

Lang, A, and K A Us. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pemberantasan Buta Aksara Alquran Di SMA Nusantara Kota Jambi.” INNOVATIO: Journal for Religious …, 2017. http://www.innovatio.pasca.uinjambi.ac.id/index.php/INNOVATIO/article/view/60.

Madani, P Q T, and N Kardinah. “Penerapan Sistem Belajar Fun Science Pada Anak Usia Dini Di Desa Cimekar.” Proceedings UIN Sunan …. proceedings.uinsgd.ac.id, 2021. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/122/89.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Mueller, J, and A Thyagarajan. “Siamese Recurrent Architectures for Learning Sentence Similarity.” … the AAAI Conference on Artificial Intelligence, 2016. https://ojs.aaai.org/index.php/AAAI/article/view/10350.

Pentury, Helda Jolanda. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Ilmu Kependidikan 4, no. 3 (2017): 265–72.

Priyantoko, and Cahyo Hasanudin. “Digitalisasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan 5C Siswa Di Era Society 5.0.” Prosiding : Seminar Nasional Daring Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 1 (2022): 356–65.

Rahmawati, A Y D, M Nasruddin, and ... “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal …, 2020. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/417.

Ramadhan, S M, and R Haryadi. “KARAKTERISTIK, KETERAMPILAN, KOMPETENSI PEMBELAJARAN DAN PERAN GURU DI ABAD 21.” Proceeding: Islamic University of …, 2022. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/6702.

Satya, Venti Eka. “Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI X, no. 09 (2018): 19.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles