Pembelajaran Nilai-Nilai Islam Moderat melalui Tradisi Lokal: Studi Kasus di Kabupaten Kepahiang
Keywords:
Islam moderat, tradisi lokal, pendidikan, Kabupaten Kepahiang, studi kasus.Abstract
:. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran nilai-nilai Islam moderat melalui tradisi lokal di Kabupaten Kepahiang. Dalam konteks ini, tradisi lokal yang masih kuat di masyarakat dijadikan sebagai media untuk memperkuat pemahaman Islam yang moderat, yang mengedepankan nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan keseimbangan dalam kehidupan beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi lokal, seperti upacara adat dan praktik budaya yang berakar pada ajaran Islam, berperan penting dalam membentuk sikap moderat di kalangan masyarakat. Tradisi ini bukan hanya menjadi jembatan antara budaya dan agama, tetapi juga sebagai sarana pendidikan yang efektif dalam membumikan Islam moderat. Dengan demikian, tradisi lokal berpotensi besar dalam mendukung pengembangan pemahaman keagamaan yang lebih inklusif dan seimbang di masyarakat.
References
Amrullah, Amrullah. “Integration of Islamic Moderation Values on Islamic Education Learning Material at Madrasah Aliyah Level.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 7, no. 1 (2022): 27. https://doi.org/10.29240/ajis.v7i1.4284.
Bungin, B. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.
Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.
Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.
Eko Putro, Zaenal Abidin. “Pengayaan Literasi Keagamaan Melalui Akses Buku Keagamaan Penyuluh Agama Di Sulawesi Utara.” Jurnal Lektur Keagamaan 18, no. 1 (2020): 250–73. https://doi.org/10.31291/jlk.v18i1.605.
Ismail, Ismail, Muhiddinur Kamal, Sarwo Derta, and Muhamad Rezi. “Strategic Roles Aplied by Minangkabau Local Leaders in Preventing Religious Radicalism in West Sumatra.” Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies 6, no. 2 (December 2020): 202–2017. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v6i2.3291.
Kerukunan, Membangun, Antarumat Beragama, Budaya Lokal, Menyama Braya, Denpasar Bali, and Kunawi Basyir. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Budaya Lokal Menyama Braya Di Denpasar Bali.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 6, no. 2 (September 2016): 186–206. https://doi.org/10.15642/RELIGIO.V6I2.603.
Khojir, Khojir. “Moderasi Pendidikan Pesantren Di Kalimantan Timur.” Ta’dib 23, no. 1 (2020): 95. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1945.
Nasir, Mohamad Abdun. “Revisiting the Javanese Muslim Slametan: Islam, Local Tradition, Honor and Symbolic Communication.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 57, no. 2 (December 2019): 329–58. https://doi.org/10.14421/ajis.2019.572.329-358.
Parry, Douglas A., Brittany I. Davidson, Craig J.R. Sewall, Jacob T. Fisher, Hannah Mieczkowski, and Daniel S. Quintana. A Systematic Review and Meta-Analysis of Discrepancies between Logged and Self-Reported Digital Media Use. Nature Human Behaviour. Vol. 5, 2021. https://doi.org/10.1038/s41562-021-01117-5.
Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.
Putri, Neni, Murni Yanto, Muhammad Istan, and Destriani. “REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ZAMAN GLOBALISASI.” JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 8 (2024).
Santoso, M P, A SARANGA, D A TEFA, and ... “Menjawab Tradisi Leluhur Dalam Paradigma Kristen.” … Dalam Paradigma …, 2021. https://repository.petra.ac.id/19390/.
Sumarto, Sumarto, and Emmi Kholilah Harahap. “Pemahaman Nilai – Nilai Moderasi Beragama Dan Kebangsaan Melalui Kegiatan Diklat Kementerian Agama RI Dalam Muwujudkan ASN Moderat Studi Di Balai Diklat Keagamaan BDK Palembang.” Jurnal Literasiologi 7, no. 1 (2021): 1–13. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.271.
Suprianto, Bibi, and Bibi Suprianto. “Religious Conflict and Islamic Strategies of Peacebuilding in Indonesia.” ADDIN 16, no. 1 (June 2022): 55–74. https://doi.org/10.21043/addin.v16i1.12877.
Wahyono, Sugeng Bayu, Asri Budiningsih, Suyantiningsih Suyantiningsih, and Sisca Rahmadonna. “Multicultural Education and Religious Tolerance: Elementary School Teachers’ Understanding of Multicultural Education in Yogyakarta.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 60, no. 2 (December 2022): 467–508.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 liya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.