Model Pembelajaran Berbasis Nilai dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Akhlak Mulia

Authors

  • meliza SDN 163 Rejang Lebong

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Nilai, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Mulia, Model Pembelajaran, Karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis nilai dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk meningkatkan akhlak mulia siswa. Model ini didasarkan pada integrasi nilai-nilai moral dan spiritual yang diajarkan dalam Islam dengan pendekatan pedagogis yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada berbagai institusi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis nilai dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai akhlak dalam diri siswa, yang tercermin dari perubahan perilaku dan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran berbasis nilai untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam secara holistik, yakni tidak hanya membangun pengetahuan agama tetapi juga membentuk karakter mulia. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan agama Islam yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini.

References

AHMAD, A. “KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MTS. PUTRI TUNGGAL DESA MULADIMENG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN ….” repository.iainpalopo.ac.id, 2014. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1791/1/Ahmad.pdf.

Alfiyah, H Y. “Aplikasi Paradigma Konstruktivistik Model Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di Kelas IV SD Taruna Surabaya.” … Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic …, 2014. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/31.

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.

Effendi, M J, and K Yusmiarti. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada PAUD Tk Bunaya.” Jurnal Informatika, 2021. https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/192.

Goliah, M, M Jannah, and ... “Komponen Kurikulum Pembelajaran Khususnya Pada Muatan 5 Bidang Studi Utama Di SD.” … Pendidikan …, 2022. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10273.

Muchith, M S. “Guru PAI Yang Profesional.” Quality, 2017. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2121.

Mudlofir, A, and E F Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. repository.uinsa.ac.id, 2016. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1592/.

Nidawati, N. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” … : Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 2021. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8427.

Prananta, Y R. “Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Media Penanaman Karakter Bertema Nilai-Nilai Pancasila Dan Sadar Konstitusi.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2021. http://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/213.

Putri, Neni, Hamengkubuwono, Emmi Kholilah Harahap, and Destriani. “Strategies To Improve the Quality of Education.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) Vol. 6, no. 3 (2024): 776–84. https://doi.org/10.30587/ivrj.v3i2.8404.

Ratnawati. “Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018, 1–11.

Santa Kusuma Chrisantina, Vita. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV., 2018.

Suryadarma, Yoke, and Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali.” At-Ta’dib 10, no. 2 (2015): 362–81. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460.

Umam, Muhamad Khoirul. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.” Inarxiv, 2018. https://osf.io/preprints/inarxiv/vxd9g/.

Umam, Muhamad Khooirul. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.” Inarxiv, 2018. https://doi.org/10.31227/osf.io/vxd9g.

Utomo, Khoirul Budi. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI.” MODELING:Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (2018): 145–56. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331.

Yusri, M, and S Halimah. “MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMP NEGERI LIMA PULUH.” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan …, 2022. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/185.

Zulhadi, Roiz, Marwinda, and Masril. “Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Di SMA 1 Dua Koto.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 1 (2023): 2386–92.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles